Hari Kedua Tes Kesehatan Calon Peserta Pilkada Malang Sempatkan Selfie Bareng

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 11:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 519 1844458 hari-kedua-tes-kesehatan-calon-peserta-pilkada-malang-peserta-sempatkan-selfie-bareng-48dVH54wRs.jpg Paslon di Pilwalkot Malang Selfie saat Tes Kesehatan (foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota memasuki hari kedua pada Jumat 12 Januari 2018 melakukan tes kesehatan di RSUD Syaiful Anwar. Tiga pasangan calon dari Kota Malang menjalani tes fisik usai sehari sebelumnya menjalani tes psikologi.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada RSUD Syaiful Anwar, dr. I Wayan Agung Indrawan menyatakan tes dilakukan sesuai standar ketentuan yang sudah ditetapkan KPU.

(Baca Juga: Antisipasi Isu SARA dan Hoax Jelang Pilgub, Polres Malang Bentuk Tim Cyber Patrol)

Serangkaian pemeriksaan meliputi cek darah lengkap, pengecekan narkoba oleh BNN, pemeriksaan radiologi yang meliputi USG, foto rontgen, pemeriksaan jantung, paru - paru, THT, pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi, dan treadmill untuk mengetahui kekuatan jantung. Sedangkan untuk calon perempuan, mendapat tambahan pemeriksaan pada kesehatan reproduksi.

“Semua dilakukan untuk mengetahui kesehatan jasmani dan rohani dari masing-masing calon kepala daerah,” ujar Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada RSUD Syaiful Anwar, dr. I Wayan Agung Indrawan.

Menurutnya, ada kriteria khusus yang mungkin diberlakukan kepada bacalon peserta Pilkada. Terutama bagi yang hasilnya menunjukkan hasil yang kurang baik. Di sisi psikologis misalnya, calon yang memiliki indikasi gangguan mental terutama yang kecurigaan berlebihan akan dianggap gugur.

“Tapi semua hanya bentuk rekom saja, dan yang menentukan adalah KPU sendiri," jelasnya.

Bakal calon Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan telah menjalani sederet tes kesehatan. Mulai dari tes gula darah, kesehatan fisik, hingga jantung dan paru-paru.

Hal serupa juga disampaikan bakal calon Wali Kota Malang, Sutiaji. Dia menyampaikan ada sederet tes yang dilaksanakan, namun memang jauh lebih rinci dibanding dengan tes yang pernah dilewatinya lima tahun sebelumnya.

“Tes yang sekarang memang lebih rinci ketimbang yang sebelumnya,” papar Sutiaji.

(Baca Juga: Dana Rp7,4 Miliar dan 1.075 Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Pilkada Kota Malang)

Sementara itu, bakal calon walikota dari waliko petahana, Mochamad Anton juga merasakan ada perbedaan dari serangkaian tes yang dia lakukan saat ini, dibandingkan tes sebelumnya. Perbedaannya terletak pada medical check up yang sekarang menurutnya lebih lengkap dengan teknologi yang diperbarui.

“Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar,” papar pria yang akrab disapa Abah Anton itu.

Menariknya, para peserta calon Pilwali dari Kota Malang menyempatkan diri berselfie bersama sebelum melaksanakan tes kesehatan.

"Ya biar tidak kelihatan gampang bersainglah. Kita masih bisa selfie bareng artinya Malang kondusif. Jadi pendukungnya juga harus ikut tenang," pungkas Ya'qud Ananda Gudban, yang menjadi satu - satunya calon perempuan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini