Ratusan Jamu dan Obat Kuat Dimusnahkan karena Tak Miliki Izin Edar

ant, · Sabtu 27 Januari 2018 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 27 340 1850972 ratusan-jamu-dan-obat-kuat-dimusnahkan-karena-tak-miliki-izin-edar-fV2J9xHcbi.jpg Ilustrasi obat ilegal. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAMBI – Kepolisian Daerah Jambi bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi pada Jumat kemarin memusnahkan ratusan kotak jamu dan obat kuat ilegal sitaan hasil operasi beberapa hari lalu.

Ratusan kotak obat ilegal itu sebagian dimusnahkan dengan cara digunting dan direndam ke dalam ember berisi air, kemudian ditimbun ke dalam tumpukan sampah di area tempat pembuangan akhir Talang Gulo, Kota Jambi.

Kasubdit I Ditkrimsus Polda Jambi AKBP Guntur Saputro mengatakan pemusnahan itu dilakukan untuk memberantas peredaran jamu dan obat ilegal.

"Hari ini kami musnahkan barang bukti hasil tangkapan kami beberapa hari lalu karena tidak memiliki izin edar. Untuk jenisnya ada jamu, obat-obatan yang mengandung zat kimia, obat tanpa izin edar baik berupa obat perangsang maupun obat kuat," kata Guntur, Jumat 26 Januari 2018.

(Baca: Satu Bulan Gelar Operasi, BPOM Manokwari Sita 8.498 Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp213,87 Juta)

Menurut dia, ada sebagian barang bukti yang disisihkan untuk contoh dalam proses persidangan. "Sebagian sampel obat-obatan ini akan kami uji dulu di laboratorium BPOM apakah kandungannya berbahaya bila dikosumsi masyarakat," katanya Sementara Petugas Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Jambi Nurizati mengimbau masyarat untuk berhati-hati dalam mengonsumsi obat seperti ini karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

"Obat harus dengan resep dokter, kalau sembarangan menggunakan akan berdampak buruk bagi kesehatan, efek sampingnya banyak sekali bisa mengakibatkan kerusakan ginjal," paparnya.

Sebelumnya Tim Subdit I Ditkrimsus Polda Jambi menyita sebanyak 500 jamu kotakan dan obat kuat ilegal dari 51 merek.

Obat-obatan tersebut diamankan dari sebuah rumah kos di Kelurahan Wijayapura, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Jamu dan obatan yang diamankan selain tidak memiliki izin edar juga mengandung bahan kimia yang berbahaya bila dikonsumsi oleh masyarakat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini