Share

Kebakaran Jalur Pendakian di Puncak Gunung Talang Meluas, Pendaki Diungsikan

ant, · Kamis 01 Februari 2018 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 340 1853433 kebakaran-jalur-pendakian-di-puncak-gunung-talang-meluas-pendaki-diungsikan-hNMQoc2ta7.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan (foto: Antara)

AROSUKA - Kebakaran hutan di jalur pendakian menuju puncak Gunung Talang Jorong Koto Ateh, Nagari Aia Batumbuak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat terus meluas. Sejumlah pendaki yang berada di kawasan tersebut langsung diungsikan.

Sejumlah pendaki Gunung Talang, yang berada di dekat lokasi kebakaran hutan telah kembali ke pesanggrahan dan posko pendakian untuk menghindari paparan asap.

Kapolsek Gunung Talang, Iptu Naomi Siragi, menyebutkan di posko pendakian Aie Batumbuek, Kecamatan Gunung Talang, terlihat api masih menjalar ke arah selatan seiring arah angin. Menurutnya, kawasan puncak bekas dijamah api tampak jelas menghitam dan hingga kini api masih menjalar ke arah bawah.

Sejumlah pendaki yang sudah terlanjur melakukan pendakian, kata Naomi, terpaksa kembali agar tidak menjadi korban kebakaran yang terjadi pada Kamis pagi itu. Dia menambahkan, sejumlah petugas kepolisian bersama perangkat jorong dan nagari juga sudah siaga di lokasi untuk mencegah pendaki yang nekat hendak melakukan pendakian.

Sementara Kapolres Solok Arosuka AKBP Ferry Irawan mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Mapolda, BPBD Propinsi dan pihak terkait lainnya.

"Kami sudah koordinasikan dengan atasan dan pihak BPBD Pemkab agar segera ditangani," tutur AKBP Ferry Irawan didampingi Wakapolres Kompol El. Lase, Kamis (1/2/2018).

(Baca Juga: Hutan di Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Talang Terbakar)

Sedangkan Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril mengatakan hingga saat ini, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Petugas BPBD, Dinas Kehutanan dan petugas pengamat Gunung Talang akan langsung turun ke lokasi.

"Kami bersama-sama akan langsung turun ke lokasi, meskipun medan yang terbakar terbilang berat untuk dijangkau," ujarnya.

Ia mengimbau pendaki agar tidak melakukan pendakian sampai kondisi kebakaran padam dan kembali aman. Gunung Talang merupakan salah satu gunung aktif yang ada di kawasan Kabupaten Solok, dengan ketinggian lebih kurang 2.597 dari permukaan laut. Lebih kurang 300 pendaki menanjak setiap minggunya.

Kebakaran hutan terjadi di jalur pendakian Gunung Talang di Jorong Koto Ateh Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, terjadi pada Kamis sekitar pukul 10.00 WIB. Diperkirakan 20 hektare yang berada di puncak gunung telah terbakar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini