Image

21 Tahun Pelihara Buaya di Rumah, Keluarga di Bogor Sedih Berpisah dengan Kojek

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 01:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 05 338 1854643 21-tahun-pelihara-buaya-di-rumah-keluarga-di-bogor-sedih-berpisah-dengan-ojek-BXbPaw2XCm.jpg Ojek, sudah dipeliahra selama 21 tahun oleh satu keluarga di Bogor. Foto Okezone

BOGOR - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) ‎Wilayah I Bogor di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, mengevakuasi Kojek, buaya yang telah tinggal selama 21 tahun di rumah seorang warga Bogor.

Proses evakuasi buaya muara seberat 200 kilogram itu berjalan dramatis. Muhamad Irwan sang pemilik pun tidak kuasa menahan air mata saat Kojekakan dibawa pergi.

Maemunah, ibunda Irwan yang sehari-harinya ikut merawat Kojek juga tidak kuasa menahan tangisnya saat sekitar 8 petugas BKSD memindahkannya ke sebuah peti untuk dibawa ke Taman Safari Indonesia.

"Kami menerima penyerahan seekor buaya ‎dengan berat 200 kilogram, dengan panjang 2,7 meter dari Bapak Muhamad Irwan. Kita titipkan ke Taman Safari Indonesia," ujar, Adjat Sudrajat, Petugas Penyidik BKSDA Wilayah I Bogor, Minggu (4/2/2018).

Menurutnya, evakuasi tersebut dilakukan karena buaya termasuk hewan yang dilindungi dan sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999.

"Hewan yang dilindungi tidak boleh diperjualbelikan, dikembangbiakkan untuk perdagangan dan dipelihara oleh individu," jelas Adjat.

Sementara itu, sang pemilik, Muhamad Irwan mengaku sedih dengan kepergian buayanya itu karena sudah dianggap seperti keluarganya sendiri. Irwan pun berpesan agar petugas dapat merawat Kojek dengan baik di tempat tinggalnya yang baru.

"Sedih karena seperti anak saya sendiri. Saya pesan supaya Kojek dirawat dengan baik dan jangan dipindahkan ke tempat lain," ungkap Irwan.

Kojek buaya muara seberat 200 kilogram dengan panjang sekitar 2,7 meter tinggal bersama satu keluarga selama 21 tahun di Kelurahan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kojek dirawat oleh penyayang binatang bernama Muhammad Irwan sejak kecil di kolam samping rumahnya. Keberadaan Kojek mendadak viral setelah tersebar video pemilik memandikan buaya itu dengan santai. Meski termasuk hewan buas, selama ini Kojek tidak pernah melukai siapapun termasuk pemiliknya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini