nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Partai ANC Lengserkan Jacob Zuma sebagai Presiden Afsel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 11:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1858769 partai-anc-memutuskan-lengserkan-jacob-zuma-sebagai-presiden-afsel-4L9SX64R9O.jpg Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma. (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG - Partai berkuasa Afrika Selatan (Afsel), African National Congress (ANC) memutuskan untuk mendepak Presiden Jacob Zuma dari jabatannya sebagai kepala negara. Keputusan yang disampaikan komite eksekutif ANC itu diambil usai pertemuan para pimpinan partai yang berlangsung selama 13 jam.

BACA JUGA: Partai ANC Gelar Sidang Tentukan Nasib Presiden Afsel

Zuma telah medapatkan banyak tekanan untuk mengundurkan diri dari partainya sejak terpilihnya Wakil Presiden ANC, Cyril Ramaphose sebagai pimpinan partai pada Desember lalu. Masa jabatan kedua Zuma yang akan berakhir pada pertengahan 2019 memang dipenuhi dengan skandal, penurunan ekonomi dan tuduhan korupsi.

Komite eksekutif partai memang memiliki kewenangan untuk memerintahkan Zuma mundur dari jabatannya sebagai kepala negara. Meski begitu, spekulasi media menduga presiden berusia 75 tahun itu akan menolak.

"Kami memutuskan untuk menarik Zuma. Dia belum diberitahu mengenai keputusan ini," kata seorang anggota senior ANC yang dikutip Reuters, Selasa (13/2/2018).

Stasiun siaran SABC melaporkan bahwa Ramaphosa telah menemui Zuma untuk menyampaikan keputusan komite eksekutif ANC. Zuma diberikan waktu 48 jam untuk mengundurkan diri sebagai kepala negara.

Nasib Zuma sama dengan pendahulunya, mantan presiden Thabo Mbeki yang ditarik oleh ANC pada 2008. Meski berhasil meningkatkan perekonomian Afrika Selatan selama sembilan tahun berkuasa, pemerintahan Mbeki dipenuhi tuduhan penyelahgunaan kekuasaan.

Ironisnya, saat itu Zuma-lah yang merencanakan penarikan Mbeki sesaat setelah dia memegang posisi kepemimpinan ANC.Zuma kemudian naik menjadi presiden Afrika selatan menggantikan Mbeki pada 2009.

BACA JUGA: Seperti Zimbabwe, Presiden Afsel Akan Dipaksa Lengser?

Sejak memenangi pemilihan pimpinan ANC dengan mengalahkan mantan istri Zuma, Nkosazana Dlamini-Zuma pada akhir tahun lalu, Ramaphosa telah menetapkan fokusnya untuk memberantas korupsi dan meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini