nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Jatim Jenguk KH Hakam Mubarok Pasca-Penyerangan

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 20:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 19 519 1861748 kapolda-jatim-jenguk-kh-hakam-mubarok-pasca-penyerangan-2erBBEiXQ3.jpg Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin (Foto: Okezone)

KARANGASEM - Insiden penyerangan terhadap KH Hakam Mubarok di pondok pesantren menarik sejumlah pihak termasuk Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman. Kedua orang tersebut menyempatkan diri mendatangi kediaman KH Hakam Mubarok di kompleks Ponpes Karangasem, Paciran, Kabupaten Lamongan.

Kapolda beserta rombongan langsung memasuki kediaman KH Hakam Mubarok pada Senin (19/2/2018) siang. Namun, pertemuan Machfud dan KH Hakam Mubarok yang didampingi Kapolres Lamongan AKPB Feby DP Hutagalung di ruang tamu berlangsung tertutup.

"Pertemuan berlangsung selama 30 menit. Saya cerita kronologi kejadian kemarin ke Kapolda," ungkap KH Hakam Mubarok kepada sejumlah awak media usai pertemuan.

(Baca Juga: Kiai Hakam Mubarok, Pengasuh Ponpes di Karangasem Lamongan Diserang Orang Tak Dikenal)

Menurutnya, meski diduga pelaku adalah orang gila ia meminta polisi memeriksa terlebih dahulu. "Bila dinyatakan benar - benar gila kaki ikhlas untuk dilepaskan. Kalau tidak gila silakan proses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Pihaknya meminta kepada para santri, orang - orang Muhammadiyah, dan masyarakat Lamongan pada umumnya untuk tak terprovokasi dengan peristiwa kemarin.

Sebelumnya, pada Minggu sore seseorang yang diduga gila berusaha menyerang KH Hakam Mubarok di Kompleks Ponpes Karangasem Paciran Lamongan. Penyerangan ini dilakukan usai sang pelaku diminta sang kiai untuk meninggalkan area ponpes.

Namun, sang pelaku justru tersinggung dan mengejar KH Hakam Mubarok hingga terjatuh sebelum sang pelaku diamankan oleh para santri.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini