nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Afrika Selatan Akan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 02:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 18 1862345 afrika-selatan-akan-putuskan-hubungan-diplomatik-dengan-israel-9i59qi5NWU.jpg Foto: Reuters

JOHANNESBURG - Pemerintah Afrika Selatan berniat untuk memutus hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk protes atas perlakuan Negara Zionis itu terhadap rakyat Palestina.Hal itu disampaikan Menteri Sains dan Teknologi Afrika Selatan, Naledi Pandor.

BACA JUGA: Cyril Ramaphosa Terpilih sebagai Presiden Afsel Menggantikan Jacob Zuma

Pandor menyampaikan ketegasan pemerintah tersebut kepada Parlemen Afrika Selatan dalam debat selama 10 jam mengenai Pidato Kenegaraan Presiden Afrika Selatan (SONA), Presiden Cyril Ramaphosa pekan lalu.

"Partai mayoritas telah sepakat, bahwa pemerintah harus memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, mengingat tidak adanya inisiatif yang tulus oleh Israel untuk menjamin perdamaian abadi dan solusi dua negara yang layak yang mencakup kebebasan penuh dan demokrasi bagi rakyat Palestina," kata Pandor sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Rabu (21/2/2018).

Komentar itu disampaikan sebagai respons untuk pemimpin oposisi Kenneth Meshoe yang mengungkapkan kekecewaannya kepada otoritas nasional dan provinsi di Afrika Selatan yang menolak bantuan dari perusahaan Israel untuk membantu krisis air yang terjadi di negara itu.

Usulan dari Pandor tersebut mendapat sambutan meriah dari parlemen. bahkan Pandor yang difavoritkan untuk ditunjuk sebagai Wakil Presiden dalam kabinet Ramaphosa mendapatkan standing ovation saat turun dari podium.

Parlemen Afrika Selatan mengonfirmasi lebih jauh keputusan pemerintah itu melalui Twitternya.

Afrika Selatan telah lama menjadi sekutu setia perjuangan Palestina dan terus berbicara menentang kekejaman yang dilakukan oleh Pemerintah Israel.

BACA JUGA: Kunjungan Pemimpin Oposisi Afsel ke Israel Picu Kemarahan Rakyat

Tahun lalu, Pemerintah Afrika Selatan menurunkan status kedutaan besarnya di Tel Aviv menjadi sebuah kantor penghubung.Partai berkuasa Afrika Selatan, African National Congress (ANC) juga telah mendesak diberlakukannya pengetatan visa untuk Israel.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini