nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Gunakan Paspor Brasil untuk Ajukan Visa ke Negara Barat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 12:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 28 18 1865850 kim-jong-un-gunakan-paspor-brasil-palsu-untuk-ajukan-visa-ke-negara-barat-NHAJ67a2tY.jpg Foto: Reuters

LONDON - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan ayahnya, almarhum Kim Jong-il menggunakan paspor Brasil yang diperoleh dengan ilegal untuk mengajukan permohonan visa yang digunakan untuk mengunjungi negara-negara Barat pada 1990-an. Informasi ini diungkap oleh lima sumber dari pejabat keamanan senior Eropa Barat kepada Reuters.

BACA JUGA: Kim Jong Un Pernah ke Jepang dengan Nama Palsu?

Meski keluarga penguasa Korea Utara diketahui biasa bepergian menggunakan dokumen perjalanan yang diperoleh alasan palsu. Ada beberapa contoh dari dokemen perjalanan ini, salah satunya ada;ah fotokopi paspor Brasil dengan identitas palsu Kim Jong-un dan ayahnya yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

"Mereka menggunakan paspor Brasil ini, yang dengan jelas menunjukkan foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata seorang sumber keamanan senior Barat yang tidak mau disebutkan namanya sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (28/2/2018).

"Ini menunjukkan keinginan mereka untuk melakukan perjalanan dan menunjukkan usaha keluarga yang berkuasa untuk membuat sebuah jalur pelarian," kata sumber tersebut.

Terungkapnya hal ini mendorong Pemerintah Brasil untuk melakukan penyelidikan. Sementara itu Kedutaan Besar Korea Utara di Brasil menolak berkomentar.

Seorang sumber dari Brasil yang tidak mau diungkap identitasnya mengatakan, kedua paspor tersebut adalah dokumen yang sah saat dikirimkan dalam keadaan kosong ke konsulat untuk dikeluarkan.


Empat sumber keamanan senior Eropa lainnya mengonfirmasi bahwa dua paspor Brasil dengan foto-foto Kim atas nama Josef Pwag dan Ijong Tchoi digunakan untuk mengajukan visa di setidaknya dua negara Barat. Meski begitu, tidak diketahui apakah pada visa yang dikeluarkan terkait paspor tersebut.

Paspor itu kemungkinan juga digunakan untuk pergi ke Brasil, Jepang dan Hong Kong.
Pada 2011, surat kabar Jepang, Yomiuri Shimbun melaporkan bahwa Kim Jong-un pernah mengunjungi Jepang menggunakan paspor Brasi pada 1991, sebelum tanggal penerbitan paspor yang dilihat Reuters.

Kedua paspor yang dilihat Reuters memiliki masa berlaku 10 tahun dan memiliki cap bertuliskan Kedutaan Besar Brasil di Praha.Berdasarkan tanggal yang tertera, kedua paspor tersebut diterbiktkan pada 26 Februari 1996 dengan wajah Kim Jong-un dan ayahnya, Kim Jong-il terpasang di kolom foto.

Paspor dengan foto Jong-Un dikeluarkan atas nama Josef Pwag dengan tanggal lahir 1 Februari 1983.Tidak diketahui apakah tanggal lahir tersebut benar-benar tanggal lahir Jong-un.Dia berumur antara 12 sampai 14 tahun saat paspor Brasil itu diterbitkan.

BACA JUGA: Kim Jong-Il Wafat, Jong-Un Naik Tahta

Sementara Paspor Kim Jong-il dikeluarkan atas nama Ijong Tchoi dengan tanggal lahir 4 April 1940. Jong-il meninggal pada 2011. Tanggal lahir Jong-il yang sebenarnya adalah pada tahun 1941.Kedua paspor mencantumkan Sao Paulo sebagai tempat kelahiran Jong-un dan Jong-il.

Reuters mengatakan bahwa mereka tidak dapat memastikan keaslian kedua paspor tersebut karena hanya melihat salinannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini