nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Angin Puting Beliung Kemungkinan Terjadi Lagi di Sulsel

Prayudha, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 10:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 28 340 1865803 bmkg-angin-puting-beliung-kemungkinan-terjadi-lagi-di-sulsel-yaE1c6G0pl.jpg Angin puting beliung menerjang Danau Tempe. (Foto: Ist)

WAJO – Fenomena terjangan angin puting beliung yang sangat jarang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu melanda kawasan Danau Tempe, Kabupaten Wajo. Pusaran angin besar ini pun disebut kemungkinan terjadi lagi.

Perkirawan Cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Esti Kristantri mengatakan, sejauh ini di radar cuaca terpantau pusaran angin tornado yang melakukan aktivitas di atas danau dan disebut water spout.

"Fenomena tersebut merupakan kejadian alam, di mana ini adalah sebuah tornado nonsupersel di atas air. Fenomena tersebut dinamakan water spout, yaitu angin puting beliung yang dasarnya mencapai permukaan air seperti laut, danau, atau sungai," kata Esti, Rabu (28/2/2018).

(Baca: Video Pusaran Angin Puting Beliung di Danau Tempe Viral)

Ia menjelaskan, peristiwa tersebut bermula ketika muncul sebuah vorteks kolumnar intens dan melakukan aktivitas langsung di atas air. Adanya hubungan dan keterikatan secara langsung itu, lanjut Esti, menghasilkan hubungan dengan awan kumuliform (kumulonimbus) dan secara umum terlihat seperti tornado.

"Di mana mulanya awan tersebut berasal dari dasar awan kumulonimbus yang menjulang tinggi hingga dapat mencapai ketinggian tropopause, dan mengasilkan tornado kecil," terangnya.

Selain itu, dampak yang dihasilkan akibat hujan tersebut di antaranya adalah hujan deras yang dapat membuat kepulan es kristal.

"Awan kumulonimbus yang tumbuh secara intens dapat menimbulkan hujan deras, kilat/petir, angin kencang, puting beliung, dan hujan es," jelasnya.

Pembentukan awan kumulonimbus sendirinya dapat disebabkan faktor lokal (pengaruh orografik, proses konveksi) atau faktor regional (angin monsoon).

Sebagaimana diketahui, angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, pada Selasa 27 Februari 2018 sore. Fenomena alam ini lantas membuat masyarakat setempat heboh.

Pusaran angin puting beliung terabadikan melalui video warga. Rekamannya kemudian menyebar di media sosial hingga akhirnya viral.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini