nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pratikno Tak Menampik Ikut Telaah Cawapres untuk Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 13:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 12 337 1871384 pratikno-tak-menampik-ikut-telaah-cawapres-untuk-jokowi-L3jyw6O7GE.jpg Mensesneg, Pratikno (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah, telah ditunjuk sebagai ketua tim internal penjaringan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan menjadi pendamping Joko Widodo (Jokowi).

"Enggak, nanti tanya saja ke Bapak Presiden," kata Pratikno di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (12/3/2018).

Bahkan, ia mengaku telah mendengar bahwa isu tim internal penjaringan Cawapres Jokowi juga banyak berasal dari luar lingkaran Istana.

"Itu malah teman-teman yang di luar itu banyak saya dengar. Katanya ada studi-studi segala macam, malah saya dengar-dengar begitu," urainya.

Menurut Pratikno, tim internal yang akan menjaring pendamping Jokowi sebagai petahana di Pilpres 2019 belum final. Lagi pula, tim tersebut hanya akan menelaah bakal calon Cawapres Jokowi.

"Inikan belum final. Nanti saja kalau sudah ada," urainya.

Ia membantah, bila setiap komunikasi politik Presiden Jokowi harus terlebih dahulu lewat dirinya. Sebab, fungsi dan peran Kemensetneg untuk mengurusi hubungan antarkelembagaan pemerintah bersama DPR dan partai politik.

"Fungsi saya di Kemensetneg kan mengurus hubungan kelembagaan dengan DPR, dengan lembaga negara, parpol. Itu kan tugas dan fungsi saya," ujarnya.

Meski demikian, mantan Rektor UGM itu memastikan akan terbuka apabila Kepala Negara meminta masukan-masukan terkait persoalan politik di Indonesia, termaksud menelaah Cawapres yang akan mendampingi Jokowi.

Pratikno menilai, keputusan sosok Cawapres Jokowi juga bergantung terhadap komunikasi dan masukan partai pendukung pemerintah bersama mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Tapi intinya bahwa itu keputusan Pak Presiden dengan mendengarkan parpol-parpol yang mencalonkan. Sekarang kan belum final," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini