nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susuri Jalan Merauke, Cawagub Habel Tampung Aspirasi Warga soal Infrastruktur

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 04:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 340 1872377 susuri-jalan-merauke-cawagub-habel-tampung-aspirasi-warga-soal-infrastruktur-1hD134MsMo.jpeg Habel Melkias Suwae saat menyapa warga (Foto: Edy Siswanto)

MERAUKE - Blusukan menyisiri wilayah di Provinsi Papua, mendengarkan langsung keluh kesah dan menyerap seluruh aspirasi masyarakat Papua terus dilakukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua John Wempi Watipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS).

Calon wakil gubernur Papua Habel Melkias Suwae, setelah melakukan rangkaian blusukan di beberapa tempat di kota Merauke dan langsung bertemu dengan masyarakat sejak Minggu 11 Maret kemarin. Kemudian, Selasa 13 Maret HMS kembali melanjutkan perjalanan melalui darat ke arah Kabupaten Bovendigoel, tempat akan berlangsungnya rapat terbatas bersama Calon Gubernur Papua John Wempi Watipo dan tim koalisi.

Dalam perjalanan yang diperkirakan menempuh 8 jam. Habel menyempatkan mampir dan menyapa warga di sepanjang jalan Merauke -Bovendigoel.

Seperti di Kampung Erambu Distrik Sota, Habel sembari beristirahat dan membeli beberapa barang berbincang bersama warga di lokasi itu. Tak banyak yang diharapkan warga. Perbaikan infrastruktur yang memadai menjadi keinginan yang disampaikan warga setempat.

Dance, pedagang kelontongan di wilayah itu meminta perbaikan infrastruktur Jalan Merauke -Bovendigoel yang kondisinya beberapa titik rusak.

"Kalau jalannya baik saya pikir semua bisa baik. Jadi, kalau bisa pemerintah provinsi ke depan melihat kondisi ini," ucap Dance.

Dikatakannya, hampir separuh kampung diperbatasan didiami masyarakat lokal. Akses jalan yang rusak dengan pemisah rawa-rawa membuat warga pedalaman tertinggal.

"Kondisinya seperti itu. Jika tidak ada akses jalan yang baik, warga di perbatasan akan sangat tertinggal," katanya.

Lain halnya dengan Ibnu, warga Kampung Simpati Distrik Bupul saat mengeluh ke HMS di salah satu kios di wilayah itu meminta perbaikan sarana dan prasarana sekolah di perbatasan.

Ibnu yang berprofesi sebagai pedagang sembako keliling mengaku tahu persis dengan kondisi warga pelosok perbatasan.

"Pendidikan di pelosok perbatasan seperti di wilayah kweel, Tanas, dan Bupul. Masih sangat tertinggal, baik sekolahnya, karena biasanya satu ruangan digunakan untuk dua kelas, dan tenaga gurunya. Guru jarang hadir karena tidak adanya tempat tinggal," kata Ibnu.

Dengan kondisi ini, dia dan warga lain yang notabene transmigrasi di wilayah itu turut prihatin dan mengharap pemerintah memperhatikan kondisi tersebut.

"Saat ini saja, anak-anak di wilayah itu tidak sekolah. Terus sebagai generasi penerus ke depan mereka akan menjadi apa, kami sangat prihatin dan harapan kami Bapak JWW-HMS jika nanti menjadi gubernur dan wakil gubernur bisa memperbaiki kondisi ini," harapnya.

Habel Melkias Suwae mengatakan aspirasi warga tersebut telah masuk di visi dan misinya bersama John Wempi Watipo selaku calon gubernur Papua.

"Kalau infrastruktur jalan Merauke-Bovendigoel saya pikir cukup bagus, meski ada beberapa yang rusak. Namun, oleh pemerintah akan diperbaiki. Untuk pendidikan, saya pikir sudah ada dalam visi dan misi kita. Kita akan bentuk kampung pintar di wilayah Perbatasan," katanya.

Habel juga menilai perlunya pendampingan bagi warga di perbatasan. Termasuk terus memberikan pemahaman pentingnya sekolah dan kesejahteraan guru.

"Harus ada pendampingan kepada warga lokal kita, dengan itu kita mendorong mereka untuk bisa maju," ucapnya.

Masalah lain yang dikeluhkan warga adalah tidak adanya jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut yang saat ini menjadi kebutuhan dasar lain selain pokok warga. Habel meminta warga bersabar. Jika dalam Pilkada 27 Juni mendatang dirinya dipercayakan masyarakat bisa menang. Maka aspirasi-aspirasi tersebut diupayakan akan direalisasikan.

Agenda lain yang dilakukan HMS bersama rombongan yang merupakan bersama pengurus Partai Perindo DPW Papua dan DPD Merauke menghadiri kosolidasi intenral Partai Perindo di Distrik Ulilin Kabupaten Merauke.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini