nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Muslim Rohingya yang Diselamatkan Nelayan Aceh Akan Dipindahkan ke Rumah Detensi Medan

Khalis Surry, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 07 340 1883536 lima-muslim-rohingya-yang-diselamatkan-nelayan-aceh-akan-dipindahkan-ke-rumah-detensi-medan-zokvaL7CBs.jpg Salah satu muslim Rohingya yang diselamatkan nelayan Aceh saat terombang-ambing di laut. (Foto: Khalis Surry/Okezone)

LANGSA – Nelayan Aceh berhasil menyelamatkan lima orang imigran etnis Rohingya dari Myanmar yang terombang-ambing di kawasan perairan laut Indonesia, beberapa hari lalu. Saat didapati nelayan di tengah laut, para muslim rohingya itu dalam keadaan lemas tak berdaya dalam perahu kayu tanpa mesin.

Kini, tiga orang muslim rohingya, yakni Umar Syarif (28), Mominah (20), dan Kamal Husen (8) masih mendapatkan perawatan mendis karena dehidrasi, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa, Provinsi Aceh. Sedangkan dua lainnya, Syamimah (15) dan M Ilyas (33) dalam kondisi sehat, dan berada di tempat kamar Kantor Imigrasi Kelas II Langsa.

Kasi Wasdakim Imigrasi Kota Langsa, Afrizal mengatakan, kini pihak dari imigrasi Kota Langsa tengah mengurus berkas terhadap lima muslim Rohingya itu. Sembari menunggu tiga yang masih dirawat, pihaknya terus melengkapi berkas dan menunggu perintah tindak lanjut dari imigran tersebut.

''Direncanakan merekan akan dipindahkan ke rumah detensi imigrasi di Beulawan, Medan (Sumatera Utara). Kita belum tahu waktu pemindahannya. Ini masih dalam proses melengkapi berkas,'' kata Afrizal kepada Okezone, Sabtu (7/4/2018).

(Mominah, muslim Rohingya dirawat di RS Langsa usai diselamatkan nelayan Aceh pasca-terombang ambing di laut. Foto: Khalis Surry/Okezone)

Seperti diketahui, ketika ditemukan nelayan Aceh beberapa hari lalu di tengah laut, para muslim Rohingya itu dalam keadaan lemas tak berdaya, yang menumpangi perahu kayu tanpa mesin. Pada Jumat (6/4/2018), nelayan Aceh menyelamatkan dan membawa pulang ke Aceh, melalui pelabuhan Tempat Penampungan Ikan Kuala Idi, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh.

(Baca Juga: 5 Muslim Rohingya 20 Hari Terombang-ambing di Laut, Diselamatkan Nelayan Aceh)

Setelah mendapatkan pengecekan medis awal di Rumah Sakit Zubir Mahmud, para muslim rohingya diboyong petugas ke kantor imigrasi kota Langsa, dan tiga diantaranya langsung ke rumah sakit umum Langsa untuk mendapatkan perawatan, karena mengalami dehidrasi.

'Diagnosa mereka bertiga dehidrasi. Karena 15 hari di laut. Kalau yang dewasa kata dokter penyakit dalam waktu visit tadi mungkin Senin sudah bisa pulang.Tapi yang kecil ini masih lemas, tapi sudah sanggup makan, sudah lebih baik dari sebelumnya,'' kata Kepala Ruang Penyakit Dalam RSUD Langsa, Lilis Kurniani saat dihubungi terpisah.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini