nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah Ziarah ke Makam Sunan Ampel Sebelum Debat Pilgub Jatim 2018

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 10 519 1884561 khofifah-ziarah-ke-makam-sunan-ampel-sebelum-debat-pilgub-jatim-2018-5e9Wg3YXaN.jpg Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa ziarah ke makam Sunan Ampel (Foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Sebelum menjalankan debat kandidat Pilgub Jatim 2018 yang berlangsung malam nanti, Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berziarah ke makam sunan Ampel, Jalan Pertukangan 1, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Selasa (10/4/2018). Mantan menteri sosial ini ditemani tim sukses, pengurus partai Demokrat Jatim dan muslimat.

Khofifah tampak khusuk saat memanjatkan doa di samping makam sunan Ampel meski sinar matahari menyengat pada wajahnya. Maklum saat ini cuaca sedang cerah. Setelah berdoa, mantan Menteri Sosial ini meninggalkan makam sunan Ampel.

Sesampai di luar, banyak peziarah yang berebut salaman dengan Khofifah. Bahkan mereka mengajak foto bersama di sekitar areal komplek pemakaman sunan ampel. Tak jarang dari peziarah yang mendoakan kesuksesan untuk Khofifah di pilgub Jatim.

"Semoga ibu (Khofifah) menang dalam pilgub nanti, saya bersama keluarga akan mendukung ibu," terang salah seorang peziarah, Siti Fatima, usai bersalaman dengan Khofifah.

(Baca Juga: Ribuan Pendukung Khofifah-Emil Ramaikan Kampanye Akbar di Jombang)

Sementara itu, Khofifah menyatakan terima kasih atas dukungan yang berikan masyarakat pada dirinya. Menurut Khofifah, berziarah ke makam sunan ampel sudah menjadi tradisi sejak masih duduk di bangku SMP.

"Sejak SMP setiap Kamis sore saya kesini (makam suman ampel) dan bermalam disini. Kemudian saya pulang Jumat subuh, ini sudah menjadi tradisi saya dan saya ingin istikhomah," terang Khofifah.

Tradisi berziarah juga didapat dari kebiasaan yang dilakukan para pendahulu kiai dan ulama Nahdlatul Ulama seperti KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sehingga proses yang terbangun secara ruhaniah antara dirinya dengan kiai, dan tradisi yang dilakukan komunitasnya ziarah ke Sunan Ampel semacam kebutuhan spiritual.

Disinggung apakah ziarah ini untuk menguatkan diri jelang debat publik pertama pilgub Jatim malam nanti, Khofifah menjawab secara diplomatis. Dirinya merasa sebaiknya selalu menyeiringkan semua ikhtiar dengan bermunajat kepada Allah.

"Biasa saja, biasa saja, tidak ada persiapan khusus (menjelang debat publik pertama nanti malam)," tukas Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini