Khofifah-Emil Dinilai Lebih Unggul di Debat Publik Perdana Pilgub Jatim

Syaiful Islam, Okezone · Rabu 11 April 2018 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 519 1885173 khofifah-emil-dinilai-lebih-unggul-di-debat-publik-perdana-pilgub-jatim-2NBoNRHqAS.jpg Khofifah-Emil Dardak dan Gus Ipul-Puti saat debat semalam (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Pasangan calon (paslon) Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto dinilai lebih unggul dibandingkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno dalam debat publik perdana dengan tema kesejahteraan masyarakat. Pasalnya Khofifah-Emil lebih menguasai materi.

Bahkan debat publik tersebut dinilai kurang seimbang. Karena kedua pasangan itu berada pada level yang berbeda. Sehingga pertarungan dalam debat publik dianggap kurang menarik disaksikan.

“Memang kondisi yang terjadi tadi malam beda level. Saya merasa kasihan kepada Gus Ipul dan Mbak Puti. Karena sebagai pejabat yang sudah menjabat sembilan tahun dia seharusnya tahu angka-angka," terang Ketua DPW Bara JP Jatim, Gianto Wijaya, Rabu (11/4/2018).

 (Baca: Debat Publik Pertama Pilgub Jatim, Ini Visi Misi Paslon Pilgub Jatim)

Menurut Gianto, perdepatan tersebut dinilai antara anak yang masih kuliah dengan SD. Sebab kualitasnya begitu beda level. Tingkat disparitas pembangunan antara desa dan kota yang semakin besar.

Persoalan kemiskinan juga akan menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan. Karena angka kemiskinan di Jatim cukup tinggi, terutama kemiskinan di perdesaan. Padahal pendapatan daerah tinggi.

"Mengapa ada ketimpangan masyarakat miskin yang paling banyak. Ini merupakan PR yang harus diselesaikan oleh Gubernur terpilih nanti," ungkap Gianto.

 (Baca juga: Debat Pilgub Jatim, Ini Solusi Gus Ipul dan Khofifah soal Tingginya Kekerasan Seksual)

Selain itu, sambung Gianto, dirinya juga menyoroti segmen debat antara dua calon Wakil Gubernur Jatim. Dimana Puti diminta melihat lebih detail lagi data yang ada karena dianggap keliru dalam menyebut angka soal kemiskinan.

"Memang kadang-kadang terjadi seperti itu. Jadi biarkanlah mereka berproses saling verifikasi data. Apapun yang terjadi yang salah data legowo dan meminta maaf,” tandasnya.

KPU Jatim menggelar debat publik pertama dengan tema kesejahteraan rakyat di gedung Dyandra Convention Center di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Selasa (10/4/2018) malam. Kegiatan tersebut mendapat pengamanan ketat dari polrestabes surabaya yang dibackup Polda Jatim.

Debat publik sendiri diikuti paslon nomor urut 1 yakni Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, dan nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno. Acara tersebut dimulai dengan penyampaian visi dan misi dari masing-masing paslon.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini