nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Korban Kecelakaan Kapal Adalah TKI yang Ingin Pulang ke Indonesia

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 14:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 19 340 1888765 ratusan-korban-kapal-terbalik-adalah-tki-yang-ingin-pulang-ke-indonesia-MQm0uYP9R1.jpeg Foto: dok Basarnas

TANJUNGPINANG - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi menyampaikan, korban 105 orang kecelakaan kapal merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang hendak pulang ke Indonesia.

Jumlah korban itu terdiri dari 105 penumpang. Saat ini para korban sedang dievakuasi ke KN Baladewa Polair Polda Kepri menuju Pelabuhan Batuampar, Batam.

"Para korban adalah TKI yang hendak pulang ke Indonesia dari Malaysia. Informasi terakhir sedang dievakuasi menuju Batuampar, Batam," kata Budi saat ditemui di kantornya, Tanjungpinang, Kamis (19/4/2018).

Budi Cahyadi

 (Baca juga: Kapal Pengangkut 105 Orang Dikabarkan Kecelakaan di Perairan Horsburgh)

Dia menyampaikan sejauh ini belum diketahui apa penyebab kapal kayu yang belum diketahui identitasnya di sekitar perairan Internasional. Terpenting saat ini tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi para korban.

"Untuk kronologi belum tahu kenapa. Terpenting seluruh korban sudah berhasil diselamatkan," kata dia.

Lanjut, kata Budi, unsur KN Purworejo akan disiagakan di sekitar lokasi sebelum dipastikan seluruh korban dalam kondisi selamat. "Kapal kita akan standby di lokasi sebelum semua korban ditemukan," kata dia.

 

Sebelumnya, Kapal pengangkut 105 orang dari Bandar Penawar Johor, Malaysia menuju Indonesia, dikabarkan kecelakaan di perairan Internasional sekitar perairan Pulau Horsburgh, Malaysia, Kamis (19/4/2018) sekira pukul 02.53 waktu setempat.

Hingga kini petugas dari tiga negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia dikerahkan untuk melakukan operasi SAR.

Sementara dari unsur Singapura dua unit kapal Coastguard, satu unit Kapal Police Marine, satu unit Kapal Navy, satu unit Bakamla, sementara unsur Malaysia KM Tegas beranggotakan 30 orang dan Boat Kilat 21.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini