nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi KTT Antar-Korea, Jong-un Akan Jalan Kaki Lewati Perbatasan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 24 18 1890872 demi-ktt-antar-korea-jong-un-akan-jalan-kaki-lewati-perbatasan-uhy4TOgeOw.jpg Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un (Foto: AFP)

SEOUL – Satu catatan sejarah akan tercipta pada pembukaan KTT Antar-Korea yang berlangsung pada 27 April di Desa Perdamaian Panmunjom. Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, akan berjalan kaki melewati zona demiliterisasi (DMZ) yang membelah kedua Korea menuju Desa Panmunjom.

Melansir dari AFP, Jong-un akan menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang berjalan kaki melintasi DMZ setelah Perang Korea diakhiri dengan kesepakatan gencatan senjata pada 1953. Pria kelahiran 8 Januari itu akan melewati jalanan penuh krikil serta pondok-pondok yang terletak di DMZ.

BACA JUGA: Korut dan Korsel Sepakat KTT Antar-Korea Akan Digelar pada 27 April 

BACA JUGA: Korsel Hentikan Siaran Propaganda di Perbatasan Jelang KTT Antar-Korea

Pada Senin 23 April, Korea Selatan mengumumkan beberapa hal penting terkait KTT Antar-Korea. Presiden Moon Jae-in dan Kim Jong-un akan melakukan makan malam resmi kenegaraan di Panmunjom serta KTT akan dimulai sebelum Jumat 27 April tengah hari waktu setempat.

“Korea Selatan dan Utara sudah menggelar tiga kali perundingan tingkat tinggi terkait protokol, tindakan pengamanan, dan liputan media pada KTT Antar-Korea 27 April di Panmunjom. Hari ini, kami mencapai kesepakatan final,” ujar juru bicara Istana Kepresidenan Korea Selatan, Kwun Hyuk-ki, melansir dari Yonhap, Selasa (24/4/2018).

Zona Demiliterisasi Korea, Zona yang Memisahkan Kedua Korea

Kedua Korea sebelumnya mencapai kata sepakat terkait penyiaran rangkaian KTT Antar-Korea. Pyongyang akhirnya mengizinkan media-media Korea Selatan untuk menyiarkan secara langsung beberapa momen kunci KTT Antar-Korea seperti jabat tangan antarkedua pemimpin negara.

BACA JUGA: Presiden Korsel: Korut Ingin Denuklirisasi Tanpa Syarat

BACA JUGA: Korsel-Korut Sepakat KTT Antar-Korea Disiarkan Langsung Televisi 

Sebagaimana diberitakan, KTT Antar-Korea ketiga sepanjang sejarah itu memberi satu catatan penting. Kim Jong-un akan menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di tanah Korea Selatan. Sebab, lokasi pertemuan berada di sisi Panmunjom yang masuk wilayah kedaulatan Korea Selatan.

Kedua KTT Antar-Korea sebelumnya digelar di Pyongyang. Pertemuan pertama digelar pada 13-15 Juni 2000 antara Presiden Kim Dae-jung dengan Kim Jong-il. Sementara itu, KTT Antar-Korea kedua dilangsungkan pada 2-4 Oktober 2007 antara Presiden Roh Moo-hyun dengan Kim Jong-il.

BACA JUGA: Korsel-Korut Akan Umumkan Berakhirnya Perang di KTT Antar-Korea

Korea Selatan dan Korea Utara dilaporkan akan mengumumkan berakhirnya Perang Korea secara resmi pada pernyataan pers bersama kedua pemimpin negara. Sebagai informasi, Perang Korea pada 1950-1953 hanya diakhiri dengan kesepakatan gencatan senjata di Panmunjom, alih-alih kesepakatan damai sehingga Seoul dan Pyongyang secara teknis masih berperang.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini