Puting Beliung Terjang Yogyakarta, Satu Dosen Terluka Tertimpa Dahan Pohon

Bramantyo, Okezone · Selasa 24 April 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 24 510 1890968 puting-beliung-terjang-yogyakarta-satu-dosen-terluka-tertimpa-dahan-pohon-JrtGheBG4Y.jpg Bangunan rusak akibat angin puting beliung yang terjadi di wilayah Gondokusuman, Yogyakarta, Selasa (24/4/2018). (Foto: BNPB)

YOGYAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta masih terus melakukan pendataan pasca-angin puting beliung menerjang Gendeng RW 17-20 Baciro Gondokusuman, Yogyakarta, Selasa (24/4/2018).

Kepala BPBD Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan saat ini Tim Assessment Pusdalops PB-TRC BPBD Kota Yogyakarta yang terdiri atas BPBD, TRC BPBD DIY, Tagana Kota, Tugu Community, KOSAPA, CODE-X, Pareanom, RISIB 258, URC, BMR, Koplak Reacue, Senkom, PSC 119, serta warga Kota Yogyakarta masih terus menelusuri kerusakan akibat puting beliung yang terjadi sekira pukul 14.12 WIB.

"Ini sedang dilakukan pendataan rumah yang kena efeknya puting beliung. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Prinsipnya, tidak ada konstruksi yang rusak. Hanya atapnya saja," papar Agus pada Okezone, Selasa (24/4/2018).

Menurut Agus, dampak puting beliung yang terjadi saat hujan deras mengguyur tersebut, data sementara,banyak pohon yang tumbang. Sedangkan untuk rumah warga, tercatat ada 14 rumah yang dihuni 14 kepala keluarga yang rusak atapnya akibat puting beliung.

"Saat ini kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga adalah terpal karena banyak atap rumah yang rusak," jelasnya.

Sementara itu Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari data yang diterimannya, kerusakan di Yogyakarta meliputi Kampus STPMD APMD, Baciro, Gondokusuman Yogyakarta.

 

 Atap Bangunan di Yogyakarta Rusak Diterjang Angin Kencang (Foto: Twitter BPBD Yogyakarta)

"Selain bangunan juga Pohon Sawo Kecik, diameter ±40cm tumbang di dalam area kampus. Pohon Ketapang (Diameter ±20 cm dan ±40cm) tumbang ke lapangan Basket, tidak ada kerusakan. Dalam insiden itu satu orang dosen luka-luka karena tertimpa dahan. Dan saat ini sudah dibawa ke rumah sakit Bethesda," terangnya.

Kerusakan karena puting beliung,ungkap Sutopo, juga terjadi di Perumahan Timoho Asri II, No 53, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. Kabel dan tiang telefon tertimpa pohon jati dan talok.

"Hingga saat ini belum tertangani. Terus di Kampung Gendeng, Baciro RT 17 RW 18. Di mana atap rumah, genteng berterbangan. Tercatat ada 20 kepala keluarga," ungkapnya.

Tak hanya di Yogyakarta, angin puting beliung menimpa Kabupaten Bantul. Tepatnya di Sorowajan RT 02/RW 08, Banguntapan Bantul.

(Baca Juga: Yogyakarta Diterjang Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Beberapa Bangunan Rusak)

Dampak dari puting beliung, sebelas rumah, masing-masing milik Mardi Sutrisno, Sumo, Darmadi, Darmo Sugito, Marto Prayitno, Suprih, Rini, Tadi, Temu/Suwito, Jumpeno, Minten, mengalami kerusakan.

"Terus di Sorowajan RT 03/RW 08, Banguntapan Bantul. Ada 23 rumah warga rusak. Terus di Sorowajan RT 07/RW 10, Banguntapan Bantul. Dan di Kampus STMIK AKAKOM, Karamg Jambe No.143, Banguntapan Bantul. Dimana atap ruang Kelas A12 mengalami kerusakan, karena asbes berterbangan dan jatuh di atap kelas tersebut," pungkasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini