nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia dan Brasil Sepakati Persetujuan Bebas Visa Kunjungan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 11 18 1897150 indonesia-dan-brasil-sepakati-persetujuan-bebas-visa-kunjungan-gVy4xhk0f1.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Brasil Aloysio Nunes Ferreira. (Foto: Dok. Kemlu)

BOGOR - Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Brasil, Aloysio Nunes Ferreira di Bogor pada Jumat. Ini merupakan kunjungan pertama Menlu Ferreira ke Indonesia.

Indonesia dan Brasil telah menjalin kemitraan strategis sejak 2008 dan pertemuan kali ini menjadi momen yang baik bagi kedua Menlu untuk menegaskan kembali komitmen peningkatan hubungan antara kedua negara. Kesempatan ini juga digunakan Menlu Retno untuk membuka akses pasar yang lebih besar bagi produk-produk Indonesia di Amerika Latin, seperti ikan, kelapa sawit dan karet.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Jembatan Penghubung Brasil dan ASEAN

Selain membahas isu regional dan kerjasama multilateral, dalam pertemuan itu kedua menlu menyepakati tiga dokumen yaitu pertukaran Nota Kesepahaman (MoU) antara Indonesia dan Brasil Mengenai Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Biasa, MoU Perubahan Persetujuan antara Pemerintah Indonesia dan Brasil Mengenai Pembebasan Visa Untuk Paspor Diplomatik dan Dinas serta MoU Kerja Sama Teknik antara Pemerintah Indonesia dan Brasil.

Menlu Brasil juga menyampaikan surat permohonan maaf atas penundaan rencana kunjungan Presiden Brasil ke Indonesia yang semula direncanakan pada 10 sampai 12 Mei 2018.

“Dengan penandatanganan tiga dokumen tadi, kita harapkan bahwa sudah tidak ada lagi barrier untuk berinteraksi saling kunjung antara masyarakat, antara pejabat, dan lain-lain, sehingga harapannya dengan interaksi yang semakin intensif tersebut, maka hubungan semakin maju, dan lain sebagainya, intinya itu”, kata Menlu Retno seperti disampaikan melalui keterangan pers kementerian luar negeri.

BACA JUGA: Impor Daging Sapi asal Brasil, Bagaimana Kualitasnya?

Dilakukannya pertukaran Nota Mengenai Pembebasan Visa Bagi Pemegang Paspor Biasa tersebut, WNI akan mendapatkan fasilitas bebas visa ke Brasil selama 30 hari. Fasilitas ini diharapkan dapat mendorong kontak people to people dan business to business guna peningkatan kerja sama di berbagai bidang, khususnya ekonomi dan perdagangan.

Brasil merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Total perdagangan kedua negara pada 2017 sebesar USD3,18 miliar (sekira Rp44 triliun). Kunjungan wisatawan Brasil ke Indonesia juga merupakan yang terbanyak dari kawasan Amerika Selatan dengan jumlah 28.359 pada tahun lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini