Tim Penyelamat Berhasil Keluarkan Korban ke-10 dari Gua di Thailand

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 10 Juli 2018 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 10 18 1920516 tim-penyelamat-berhasil-keluarkan-korban-ke-10-dari-gua-di-thailand-ukPbwW0QXm.jpg Foto: Reuters.

CHIANG RAI – Tim penyelamat berhasil mengeluarkan dua orang lagi dari gua di mana 13 anggota tim sepakbola Thailand dan pelatih mereka terjebak selama lebih dari dua pekan. Kemajuan yang dicapai pada Selasa ini berarti 10 dari 13 orang yang terjebak telah berhasil dikeluarkan.

Seorang saksi mata dari Reuters menyaksikan dua orang dibawa keluar dari Gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai dengan menggunakan tandu. Diharapkan akan ada anggota tim lain yang dapat dibawa keluar dalam upaya penyelamatan di hari ketiga ini.

BACA JUGA: Sudah 8 Anak Dikeluarkan Tim Penyelamat dari Gua di Thailand

Sebelumnya, delapan anak berhasil di bawa keluar dengan menggunakan tandu di dua hari pertama operasi penyelamatan, empat pada Minggu dan empat lainnya pada Senin. Pihak berwenang belum mengungkap siapa saja anak yang telah berhasil dibawa keluar dari gua.

Pimpinan operasi penyelamatan, Narongsak Osottanakorn mengatakan, upaya di hari ketiga yang diharapkan menjadi hari terakhir operasi akan lebih menantang karena mereka akan berusaha membawa lima orang keluar dari gua. Para korban akan dibawa bersama dengan tiga orang anggota Navy Seal yang membantu mereka bertahan hidup.

Belajar dari pengalaman mereka sebelumnya, para penyelamat berhasil membawa dua korban pertama keluar lebih cepat dua jam dari hari-hari sebelumnya. Demikian diwartakan Reuters, Selasa (10/7/2018).

"Saya harap hari ini kita akan lebih cepat atau sama cepat seperti kemarin," kata Narongsak.

Tim sepakbola " Babi Liar" dan pelatih mereka terperangkap pada 23 Juni Saat mereka berangkat menjelajahi kompleks gua yang luas setelah latihan sepak bola dan hujan lebat yang turun menyebabkan terowongan gua banjir.

BACA JUGA: 18 Penyelam Dikirimkan Dalam Operasi Penyelamatan Remaja yang Terjebak di Gua Thailand

Mereka ditemukan oleh penyelam Inggris di sebuah tepi berlumpur di sebuah ruangan gua beberapa kilometer di dalam kompleks pada Senin pekan lalu. Upaya penyelamatan besar-besaran segera digelar untuk mengeluarkan ke-13 anggota tim sepakbola itu.

Kedelapan anak laki-laki yang dibawa keluar pada Minggu dan Senin dalam keadaan sehat secara keseluruhan dan beberapa meminta roti cokelat untuk sarapan. Mereka masih dikarantina dari orangtua mereka karena risiko infeksi dan kemungkinan akan dirawat di rumah sakit selama sepekan untuk menjalani tes.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini