nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah-Emil Resmi Jadi Gubernur-Wagub Jatim Terpilih

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 08:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 25 519 1926964 khofifah-emil-resmi-jadi-gubernur-wagub-jatim-terpilih-4pSkaMZUoq.jpg Khofifah saat penetapan gubernur-wagub Jatim terpilih. (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak ditetapkan sebagai pasangan gubernur-wakil gubernur Jatim terpilih periode 2019-2024 oleh KPU Jatim, Selasa (24/7/2018) malam. Ini setelah MK mengeluarkan surat pada KPU RI yang menyebutkan Pilgub Jatim tidak termasuk dalam daftar gugatan.

Kemudian dilanjutkan dengan KPU RI yang mengeluarkan surat edaran (SE) tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan. Dalam kegiatan penetapan pasangan calon terpilih ini hanya Khofifah yang hadir dari calon. Begitu juga dengan paslon Saifullah Yusuf atau Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno tidak hadir pada acara tersebut.

Senyum dan Doa Khofifah Indar Parawansa Jadi Gubernur Jawa Timur Terpilih

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Jatim beberapa waktu lalu, Khofifah-Emil memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Sedangkan Gus Ipul-Puti meraih 9.076.014 suara atau 46,45 persen.

"Hari ini KPU Jatim melakukan penetapan pasangan calon Khofifah-Emil sebagai gubernur-wakil gubernur Jatim terpilih. Setelah kami menerima surat dari MK yang menyatakan Pilgub Jatim tidak termasuk dalam gugatan," terang Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Kemudian surat penetapan tersebut akan disampaikan kepada Mendagri melalui DPRD Jatim untuk proses pelantikan gubernur-wakil gubernur Jatim terpilih.

Senyum dan Doa Khofifah Indar Parawansa Jadi Gubernur Jawa Timur Terpilih

Tingkat partisipasi pemilih di Pilgub Jatim 2018 meningkat menjadi 67,39 persen, jika dibandingkan dengan Pilgub Jatim 2013 yang hanya 59,34 persen. Sehingga pihaknya menyampaikan terima kasih pada masyarakat yang telah ikut berproses dengan baik.

"Meskipun pasangan Gus Ipul dan Puti tidak hadir pada acara ini, keputusan rapat pleno tetap bisa dilaksanakan," tandas Eko.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini