nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fasilitas Lapas Sukamiskin Bakal Dirombak Buntut Terbongkarnya Sel Mewah

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 30 525 1929513 fasilitas-lapas-sukamiskin-bakal-dirombak-buntut-terbongkarnya-sel-mewah-PSyVpogZv4.jpg Lapas Sukamiskin (Foto: Ist)

BANDUNG - ‎Lapas Kelas I Sukamiskin Bandung menjadi sorotan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di lapas khusus narapidana kasus korupsi tersebut. Fasilitas sel mewah yang ada di lapas tersebut pun terbongkar.

Bicara soal fasilitas mewah di lapas itu, PLH Kakanwil Kemenkumham Jabar yang juga menjabat sebagai Kadiv Administrasi Kemenkumham Jabar Dodot Adi Kuswanto mengaku telah telah melakukan penertiban di lapas tersebut.

"Jadi, sebagaimana sudah diketahui, setelah kejadian OTT, karena disinyalir ada sarana di dalam lapas yang memang tidak sesuai peruntukan itu, sudah dilakukan pembongkaran, dan itu juga sudah dilaksanakan dan media juga sudah lihat. Untuk selanjutnya, kemudian dipertahankan kondisi itu tidak di bangun kembali, akan dilakukan pembangunan untuk tempat kunjungan yang memang sesuai aturan yang ada," kata Dodot usai melaksanakan serah terima jabatan di Lapas Sukamiski, Jalan A. H. Nasution, Bandung, Senin (30/6/2018).

 Lapas Sukamiskin

Penertiban yang dilakukan, juga termasuk fasilitas di kamar-kamar sel, yang berada di Lapas Sukamiskin. Penertiban yang dilakukan, lanjut Dodot, sudah sesuai dengan peraturan Kemenkumham yang diatur dalam tata tertib di dalam lapas.

‎"Tentunya dengan ketentuan yang ada, pola bangunan dan pola sarana prasarana yang ada. Itu hal-hal yang sifatnya malah nanti memboroskan keuangan negara dari sisi penggunaan listrik dan sebagainya, Anda bisa terjemahkan sendiri, berarti elektroniksasi akan dikurangi," ucap dia.

Sementara itu, Kalapas Sukamiskin Baru Tejo Harwanto mengatakan, soal adanya perombakan fasilitas di Lapas Sukamiskin, akan dilihat dari manfaat yang ada.

"Tidak dirombak total, kalau dirombak total kasihan nih Lapas Sukamiskin yang sudah bagus ini kok. Nanti saya harus lapor dulu ke pimpinan, bahwa lapas Sukamiskin dulunya seperti apa, sekarang seperti apa. Ada yang manfaat mungkin untuk keseluruhan, boleh. Misalnya masjid dulu warna putih, diubah warna hijau kan boleh. Itu maksudnya. Untuk seluruh infrastrukturnya saya harus lihat lagi," katanya.

Ia juga menyebutkan soal fasilitas di tiap-tiap kamar penghuni narapidana akan disesuaikan dengan aturan yang ada. Hal itu lah yang bakal jadi acuannya, untuk menjalankan peraturan yang ada.

"‎Saya mau lihat standarnya seperti apa. Jangan saya mengada-ada. Bahwa lemari itu boleh dari pada di bawah di injek-injek, kotor penyakit, kan gitu, tapi semuanya sama. Acuan saya peraturan perundang-undangan, seperti apa, kita jalankan," tegasnya.

Lapas Sukamiskin

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini