nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PBB Imbau Myanmar Perbaiki Kondisi Terkait Pemulangan Rohingya

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 01:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 09 18 1933813 pbb-imbau-myanmar-perbaiki-kondisi-terkait-pemulangan-rohingya-A98ME6CXAu.jpg Pengungsi Rohingya. Foto/Reuters

PBB mengimbau kepada Myanmar untuk memenuhi kesepakatan yang akan memberi badan dunia itu akses penuh ke negara bagian Rakhine, yang menjadi lokasi penumpasan militer yang brutal akhir tahun lalu terhadap kelompok minoritas Muslim Rohingya.

Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR), awal Juni lalu, menandatangani sebuah kesepakatan yang mengizinkan mereka menciptakan kondisi yang memungkinkan para pengungsi Rohingya kembali ke Rakhine dengan aman dan secara sukarela dari negara tetangganya, Bangladesh.

Foto/Ist

Namun, PBB dan UNHCR mengeluarkan sebuah pernyataan, Rabu (8/8/2018), yang mengatakan bahwa permohonan mereka untuk beroperasi sejak pertengahan Juni lalu belum mendapat balasan.

Selain akses tanpa hambatan ke Rakhine, PBB juga menyerukan agar Myanmar memberi kebebasan bergerak bagi semua komunitas di Bangladesh, dan mengatasi akar penyebab krisis Rohingya.

Hampir 700 ribu Rohingya terpaksa berlindung di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh sejak Agustus tahun lalu, menyusul aksi keras pasukan militer Myanmar untuk membalas sejumlah serangan terhadap pos-pos keamanan yang dilakukan sejumlah militan Rohingya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini