nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebanjiran Pengungsi dari Venezuela, Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 09 Agustus 2018 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 09 18 1934224 kebanjiran-pengungsi-dari-venezuela-ekuador-umumkan-keadaan-darurat-egoLDg2EYT.jpg Ribuan pengungsi Venezuela mengantri untuk memasuki Kolombia di Cucuta, 24 Januari 2018. (Foto: Reuters)

QUITO – Ekuador mengumumkan status darurat di tiga provinsinya karena melintasnya sejumlah besar pengungsi Venezuela di perbatasan utara dengan Kolombia setelah melarikan diri dari negaranya. Situasi ekonomi dan politik di Venezuela telah memicu eksodus besar-besaran warganya melalui Kolombia ke negara-negara lain termasuk Ekuador, Peru dan Cile.

"Pemerintah Ekuador telah mengumumkan keadaan darurat yang berkaitan dengan migrasi manusia di Provinsi Carchi, Pichincha dan El Oro untuk memberikan perhatian mendesak kepada para migran Venezuela di perbatasan utara," demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Ekuador sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (9/8/2018).

BACA JUGA: Krisis Pengungsi, Hakim Brasil Perintahkan Perbatasan dengan Venezuela Ditutup

Disebutkan dalam pernyataan itu bahwa pekan ini Ekuador menerima 4.200 pengungsi Venezuela yang tiba setiap harinya. Tidak disebutkan berapa banyak pengungsi yang tiba sebelumnya atau apakah jumlahnya telah bertambah.

BACA JUGA: Warga Venezuela Tempuh 36 Jam Perjalanan untuk Beli Sembako

Status darurat yang akan diberlakukan sampai akhir Agustus nanti dimaksudkan untuk mempercepat pengiriman dokter dan pekerja sosial untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi serta polisi untuk memberi bantuan proses imigrasi.

Badan-badan PBB seperti Organisasi Migrasi Internasional (IOM) dan badan pengungsi dunia, UNHCR juga akan membantu proses ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini