PP Muhammadiyah Pilih di Tengah, Tak Condong ke Jokowi atau Prabowo

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 03:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 11 605 1934998 pp-muhammadiyah-pilih-di-tengah-tak-condong-ke-jokowi-atau-prabowo-hoZfKka4M5.jpg Prabowo dan Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ikut memberikan reaksi terkait keputusan Joko Widodo (Jokowi) yang menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2019 mendatang.

Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menuturkan, pihaknya menghormati keputusan Jokowi yang menggandeng Ketua MUI ini. Hal tersebut dikarenakan proses yang dilakukan keduanya terkait dengan konstitusi.

“Tentu ini sebuah proses sesuai konstitusi, karena itu Muhammadiyah sebagai bagian dari bangsa Indonesia apresiasi proses-proses yang sedang berjalan ini sudah berjalan sebagaimana mestinya,” kata Abdul di Jakarta, Jumay 10 Agustus 2018.

 Prabowo dan Sandiaga

Sikap PP Muhammadiyah, sambung Abdul, tak akan memberikan tekanan dan sangat memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menentukan pilihannya. Meskipun Ma’ruf Amin berlatar belakang sebagai ulama.

“Ini kan organisasi secara politik tidak terlibat dalam politik praktis,” ujarnya

“Sehingga karenanya, maka Muhammadiyah memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menentukan pilihan sebagaimana mereka sudah terlibat dalam proses politik lainnya,” imbuhnya.

 Jokowi-Ma'ruf Amin

Meski begitu, proses demokrasi harus tetap berjalan dengan khittah dan kepribadian Muhammadiyah.

“Di dalam menentukan pilihannya senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa. Kemudian, melihat kualitas dan program sifatnya promodial sektarian dan sifat emosianalnya,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini