nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel kembali Bangun Pemukiman Warga Yahudi di Tepi Barat

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 09:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 23 18 1940168 israel-kembali-bangun-pemukiman-warga-yahudi-di-tepi-barat-B5DYZJDy1A.jpg Foto: Reuters.

TEPI BARAT - Pemerintah Israel telah memberikan persetujuan bagi pembangunan lebih dari 380 rumah baru bagi para pemukim Yahudi di Tepi Barat.

Pemukiman-pemukiman tersebut akan didirikan di wilayah pendudukan yang oleh rakyat Palestina diharapkan, suatu saat nanti, akan menjadi bagian dari negara berdaulat mereka.

Sebuah partai kecil sayap kiri Israel, Meretz, menyatakan menyetujui kembali pembangunan sejenis ini sama seperti "menusuk mata dengan jari" terkait dengan proses perdamaian apa pun.

BACA JUGA: Palestina Ingatkan Bahaya Perundingan Hamas dengan Israel

Mendirikan permukiman kembali di Tepi Barat dipandang sebagai suatu bentuk pelanggaran atas hukum internasional, tapi Israel selalu tidak setuju dan mempertanyakan pandangan tersebut.

Muncul sejumlah peringatan bahwa melanjutkan perluasan permukiman sama saja dengan menghapus harapan yang tersisa bagi tercapainya jalan keluar dua negara terkait konflik Israel-Palestina.

Israel menyalahkan kekerasan hati, kekejaman dan "hasutan" yang dilancarkan Palestina yang menghambat usaha perdamaian.

Lembaga swadaya masyarakat Peace Now menyatakan ratusan rumah tersebut akan dibangun di permukiman Adam, di mana tiga warga Israel ditusuk seorang Palestina pada Juli.

Salah satunya meninggal dunia.

BACA JUGA: Senyum Dubes AS Saat Terima Foto Yerusalem Tanpa Masjid Al Aqsa Undang Kecaman

Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman sebelumnya telah berjanji akan membangun 400 rumah baru di permukiman tersebut sebagai reaksi atas penusukan itu.

Peace Now menyatakan rencana permukiman Tepi Barat meningkat menjadi 6.742 unit pada tahun 2017, sementara di tahun sebelumnya, pada tahun terakhir Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat jumlahnya adalah 2.629 rumah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini