nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jutaan Ikan di Danau Toba Mendadak Mati, Penyebabnya Belum Diketahui

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 16:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 23 340 1940388 jutaan-ikan-di-danau-toba-mati-mendadak-penyebabnya-belum-diketahui-BB3wvBrJAw.jpg Foto: Istimewa

MEDAN - Jutaan ekor ikan yang dipelihara petani di ratusan keramba jaring apung (KJA) di perairan Danau Toba, tepatnya di Kecamatan Pangururan, Samosir, Sumatera Utara, ditemukan mati.

Para petani belum mengetahui penyebab pasti matinya ikan-ikan tersebut. Namun mereka mendapati ikan-ikan itu mulai terendap di dasar jaring sejak Senin 20 Agustus 2018.

Para petani juga sudah mencoba melakukan upaya penyelamatan dengan memberikan oksigen. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil.

“Saya punya ada 6 lubang (keramba) hampir semua mati. Khususnya yang sudah hampir siap panen. Cuma yang tersisa, ikan yang kecil-kecil. Ikan bibit. Ada juga yang punya 150 lubang dan mati semua,” ujar Roy Malau (34), petani keramba, warga Aek Nihuta, Samosir, Kamis (23/8/2018).

Roy mengaku saat ini sudah ada petugas dari Pemerintah Kabupaten Samosir yang meninjau ke lokasi. Namun sampai saat ini belum dapat dipastikan juga penyebab matinya ikan-ikan tersebut.

Ilustrasi.Foto: Ilustrasi

“Saat ini kondisi di tepi danau dipenuhi bau bangkai ikan. Bangkainya juga berserakan di tepi danau. Alat berat sudah didatangkan untuk membantu penguburan ikan di lahan kosong milik warga. Sebelum dikuburkan, ikan itu dibawa dari keramba ke tepi danau menggunakan perahu nelayan,”tukasnya.

Petani keramba itu mengharapkan bantuan pemerintah. “Kami berharap ada solusi dari kejadian ini. Karena kami menggantungkan uang sekolah anak kami dari penghasilan keramba ini,” ucap Roy.

Kematian massal ikan di Danau Toba sudah berulang kali terjadi. Pada 2004, ikan mati massal di kawasan Haranggaol karena virus herves koi. Lalu, pada Mei 2016, lebih dari 1.000 ton ikan mati, tetapi diinformasikan bukan karena penyakit. Pada awal 2017 juga terjadi kematian massal ikan di kawasan Tongging dan Silalahi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini