nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Koin Emas Romawi Kuno Ditemukan di Lokasi Pembangunan Pemukiman Mewah Italia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 10 September 2018 14:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 18 1948518 ratusan-koin-emas-romawi-kuno-ditemukan-di-lokasi-pembangunan-pemukiman-mewah-italia-oHEWag4Dvv.jpg Amphora berisi koin-koin emas Romawi ditemukan dalam penggalian di Como, Italia. (Foto: Mibac/Facebook)

COMO - Kementerian Kebudayaan Italia menyatakan rasa bangganya menyusul ditemukannya timbunan ratusan koin emas dari zaman Romawi kuno di utara Italia. Harta karun tersebut ditemukan dalam keadaan bersih berkilau dalam sebuah amphora, bejana Yunani kuno.

Penemuan itu terjadi dalam sebuah penggalian di lantai bawah tanah Teater Cressoni, Kota Como pekan lalu. Lokasi itu terletak tidak jauh dari kota kuno Novum Comum.

Dari foto-foto yang di-posting kementerian kebudayaan di akun Facebooknya, koin-koin emas itu tampak dalam keadaan yang sangat baik. Koin-koin tersebut berasal dari masa akhir Kekaisaran Romawi sekira abad ke-5 masehi.

"Kami belum tahu secara rinci signifikansi sejarah dan budaya dari penemuan ini tetapi daerah ini adalah harta nyata bagi arkeologi kami," kata Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli dalam post Facebook tersebut sebagaimana dikutip RT, Senin (10/9/2018).

“Penemuan ini membuat saya dipenuhi rasa bangga,” tambahnya.

Tehater Cressoni diresmikan pada 1870 sebelum menjadi sebuah bioskop. Pada 1997, lokasi itu ditutup untuk publik dan direncanakan untuk dihancurkan untuk menjadi lahan pembangunan pemukiman mewah.

Namun, dengan penemuan ini, pihak berwenang berencana untuk menghentikan sementara pembangunan untuk memfasilitasi penggalian lebih jauh di lokasi, jika ada harta karun kuno lainnya yang masih terkubur di bawah tanah lokasi tersebut.

Tahun lalu, 3.187 koin Romawi ditemukan di dekat Trentino selama penggalian arkeologi. Koin-koin yang berasal dari akhir abad ketiga sampai awal abad keempat itu berasal dari berbagai macam pembuatan uang di kekaisaran Romawi, termasuk Carthage, Antiokhia, Thessaloniki, Alexandria, Siscia, Lugdunum, Roma, dan Aquileia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini