nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putin Tawarkan Abe untuk Tandatangani Perjanjian Damai Rusia-Jepang Akhir Tahun Ini

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 15:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 12 18 1949438 putin-tawarkan-abe-untuk-tandatangani-perjanjian-damai-rusia-jepang-akhir-tahun-ini-qNw1RVqit7.jpg Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (ki) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin bertemu dalam pertemuan Eastern Economic Forum di Vladivostok, 10 September 2018. (Foto: Reuters)

VLADIVOSTOK – Presiden Rusia, Vladimir Putin menawarkan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe untuk menandatangani perjanjian damai antara kedua negara tanpa prasyarat pada akhir tahun ini. Tawaran itu disampaikan Putin saat keduanya bertemu di forum ekononmi di Vladivostok, Rusia pada Rabu.

Sampai hari ini, Rusia dan Jepang masih bersengketa mengenai kepemilikan rangkaian pulau di Pasifik sehingga permusuhan kedua negara selama Perang Dunia II masih belum juga diakhiri secara resmi. Kedua negara belum menandatangani perjanjian damai resmi sejak akhir Perang Dunia II pada 1945 dan hal itu telah mempengaruhi hubungan kedua negara sampai saat ini.

BACA JUGA: Jepang Usulkan Pengendalian Bersama Kepulauan Kuril ke Rusia

“Mari kita selesaikan sebuah perjanjian damai sebelum akhir tahun ini, tanpa prasyarat,” kata Putin kepada Abe yang duduk bersamanya di panggung Eastern Economic Forum, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (12/9/2018).

Usulan Putin itu mendapat dukungan dari Abe yang sepakat bahwa sudah saatnya kedua negara menandatangani perjanjian damai. Namun, PM Jepang itu belum memberikan respons lebih lanjut.

Putin mengatakan, isu keamanan wilayah masih menjadi isu penting dan Rusia menyampaikan kekhawatirannya akan kemungkinan munculnya sistem rudal Amerika Serikat (AS) di wilayah di halaman belakangnya. Tahun lalu, Jepang memutuskan untuk memperluas sistem pertahanan rudal balistiknya dengan sistem radar dan pencegat Aegis buatan AS.

BACA JUGA: Ingin Damai dengan Jepang, Putin Ogah Berikan Kepulauan Kuril

Klaim wilayah yang disengketakan antara dua negara masih menjadi hambatan utama dalam perumusan perjanjian damai antara Rusia dan Jepang. Salah satunya adalah klaim Jepang terhadap bagian selatan Kepulauan Kuril yang Tokyo sebut sebagai wilayah utara Jepang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini