nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Ulang-Alik dengan Dua Astronot ISS Alami Kerusakan di Udara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 18:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 11 18 1962742 pesawat-ulang-alik-dengan-dua-astronot-iss-alami-kerusakan-di-udara-l4rNeXYp8o.jpg Foto: Reuters.

KOSMODROME BAIKONUR – Roket pendorong yang membawa pesawat ulang-alik Soyuz berpenumpang astronot Amerika Serikat (AS) dan Rusia ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) gagal meluncur di tengah udara pada Kamis. Insiden itu memaksa kedua kru melakukan pendaratan darurat.

Diwartakan Reuters, Kamis (11/10/2018), roket yang membawa astronot AS, Nick Hague dan kosmonot Rusia, Alexei Ovchinin itu meluncur dari kosmodrome Baikonur, Kazakhstan. Peluncuran itu mulanya berlangsung lancar sampai ketinggian 1 kilometer, tetapi kemudian roket peluncur gagal berfungsi di ketinggian selanjutnya.

Kantor berita Rusia melaporkan kedua astronot berhasil mendarat darurat dengan selamat tanpa mengalami luka-luka. Mereka akan segera dijemput oleh kru penyelamat.

"Tim pencari dan penyelamat ada di udara dan menuju lokasi pendaratan yang diperkirakan untuk pesawat ulang-alik Soyuz yang kembali ke Bumi dengan membawa dua anggota awaknya," demikian pernyataan dari NASA.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini