nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabarkan Dirinya Tersesat di Gunung Lawu, Salman Berhasil Diselamatkan Setelah WA Orangtuanya

Bramantyo, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 20:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 15 512 1964424 kabarkan-dirinya-tersesat-di-gunung-lawu-salman-berhasil-diselamatkan-setelah-wa-orangtuanya-JjIhC8OpcP.jpg Salman harus ditandu untuk turun karena kondisinya lemas setelah tersesat di Gunung Lawu. (Foto : Ist)

KARANGANYAR – Muhammad Salman Alfarisi (18), warga Jirapan RT 06 RW 03, Kecamatan Masaran Sragen, yang dikabarkan terpisah dari rekan sesama pendaki, berhasil ditemukan relawan Reco (Relawan Ceto) di dekat Pos 5 Gupaan Menjangan.

Salman ditemukan dalam kondisi sehat, meski terlihat lemas dan harus ditandu saat turun. Diketahui Salman bersama 7 temannya lainnya mendaki dari posko pendakian Cetho hari Sabtu (13/10/2018) malam.

Informasi yang dihimpun, awalnya Salman bersama tujuh rekannya melakukan pendakian ke Puncak Lawu. Namun di tengah perjalanan, Salman terpisah dari rekannya. Sebagian kawan Salman ada yang turun via Cemoro Sewu dan sebagian lagi turun melalui Ceto.

Empat temannya yang lain sudah turun lewat pendakian Ceto, sedangkan tiga rekannya memilih turun lewat jalur pendakian Cemorosewu.

Saat terpisah, beruntung Salman sempat melakukan komunikasi dengan sang ayah melaui WhatsApp yang mengabarkan dirinya terpisah dan tertinggal oleh kawan-kawannya. Saat itu dirinya sedang istirahat, hingga akhirnya tertinggal jauh dengan rekan lainnya. Lokasi terakhirnya di lahan bekas terbakar.

Pendaki (Dok Okezone)

Begitu mengetahui anaknya tersesat, akhirnya sang ayah membuat laporan di Polsek Ngargoyoso, dan selanjutnya diantar ke posko Ceto untuk meminta bantuan relawan untuk mencari keberadaan sang anak.

Sunardi, koordinator Relawan Cetho, kepada awak media, sampaikan begitu mengetahui ada pendaki tersesat, pihaknya langsung naik dan melakukan penyisiran di jalur pendakian.

"Begitu menerima informasi jika ada pendaki atas nama Salman tersesat, pihaknya langsung berkoordinasi dengan relawan lainnya dan melakukan penjemputan," lanjutnya.

Berbekal infotmasi dari pihak keluarga, posisi Salman ada di bekas lokasi kebakaran, mempermudah pencarian relawan langsung menuju lokasi.

"Salman ditemukan di area Gupakan Menjangan, kawasan hutan Jogorogo yang masuk wilayah Jawa Timur, Minggu 10 Oktober 2018.

"Kondisinya baik dan sehat. Namun kondisi yang tidak memungkinkan, Salman dievakuasi pada hari Senin 15 Oktober 2018 dan sampai di pos pendakian candi cetho pada pukul 10.00 pagi,” kata Sunardi, Senin (15/10/2018).

(Baca Juga : Diduga Terperosok, Seorang Pendaki Masuk ke Dalam Kawah Mati)

Salman bercerita saat itu dirinya merasa kelelahan dan memutuskan istirahat sebentar. Saat itulah dirinya tidak menyadari rekannya terus berjalan turun.

"Saat itulah saya bingung cari jalan keluar, untung handphone sinyalnya bagus sehingga saya bisa menelepon keluarga dan mengabarkan saya tersesat," pungkasnya.

(Baca Juga : Mendaki saat Gelap Gulita, Pendaki Gunung Bawakareang Tergelincir)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini