Warga Bojonegoro Berburu Emas di Bantaran Sungai Bengawan Solo

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 16 Oktober 2018 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 16 519 1964890 warga-bojonegoro-berburu-emas-di-bantaran-sungai-bengawan-solo-L25qyFXifQ.jpg Warga Bojonegoro Berburu Emas di Bantaran Sungai Bengawan Solo (foto: Avirista M/Okezone)

BOJONEGORO - Puluhan orang tampak memenuhi Sungai Bengawan Solo, di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka bukan untuk sekedar berenang, melainkan untuk berburu perhiasan emas yang diperkirakan berasal dari pedagang kuno yang perahunya karam di sungai terpanjang di Pulau Jawa ini.

Fenomena warga berburu emas di sungai Bengawan Solo, tidak hanya di kecamatan Gayam, tapi juga beberapa desa di wilayah Kecamatan Kalitidu hingga Kecamatan Kota Bojonegoro.

Warga Bojonegoro Berburu Emas di Bantaran Sungai Bengawan Solo (foto: Avirista M/Okezone)	Warga Bojonegoro Berburu Emas di Bantaran Sungai Bengawan Solo (foto: Avirista M/Okezone) 

Arkeolog Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudbar) kabupaten Bojonegoro Nunung Dianawati menyatakan barang perhiasan yang diburu warga itu milik para pedagang di zaman dahulu yang perahunya karam di sungai Bengawan Solo.

(Baca Juga: Perburuan Harta Karun Terlama: Mencari Burung Hantu Emas di Prancis) 

Bengawan Solo tidak memiliki potensi tambang emas itu bisa jadi karena jalur perdagangan dahulu nya Jadi kemungkinan itu harta perhiasan dari para pedagang yang perahunya karam di zaman dahulu terangnya saat dihubungi Okezone, Selasa (16/10/2018).

Di sisi lain kolektor benda purbakala Bojonegoro, Hari Nugroho membenarkan adanya Sungai Bengawan Solo dengan potensi tambang emas yang diburu oleh warga.

 

“Kalau di Bengawan Solo tidak ada potensi emas. Mungkin itu milik warga yang hanyut atau bisa jadi harta zaman dahulu,” bebernya.

Dirinya menambahkan perhiasan emas bisa jadi juga merupakan perhiasan emas milik warga di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo yang terbawa arus banjir.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini