nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erdogan: Kematian Jamal Khashoggi Adalah Pembunuhan Berencana

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 17:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 23 18 1967956 erdogan-kematian-jamal-khashoggi-adalah-pembunuhan-berencana-FhylMGz19Z.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (foto: Reuters)

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pembunuhan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi telah direncanakan sebelumnya. Khashoggi tewas setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu.

Berbicara di depan anggota partai berkuasa, Partai Keadilan dab Pembangunan (AKP) di Ankara pada Selasa, Erdogan mengatakan bahwa Turki mencari jawaban atas kematian Khashoggi.

(Baca Juga: CCTV Perlihatkan Agen Arab Saudi Memakai Pakaian Jamal Khashoggi yang Dibunuh) 

“Jelas bahwa operasi (pembunuhan Khashoggi) tidak terjadi secara tiba-tiba, ini adalah operasi yang dirancanakan,” kata Erdogan sebagaimana dilansir Middle East Eye, Selasa (23/10/2017).

Unggul Hitung Cepat, Tayyip Erdogan Klaim Raih Kemenangan Pemilu Turki 

Erdogan mengungkapkan, 15 anggota tim pembunub Khashoggi terdiri dari anggota militer, forensik dan intelijen. Mereka terbang ke Istanbul beberapa jam sebelum Khashoggi dibunuh, menunjukka. Bahwa mereka tahu mengenai perjanjian antara Khashoggi dengan orang di konsulat.

“Atas perintah siapa orang-orang ini datang? Kita mencari jawabannya.”

Pernyataan Erdogan ini bertentangan dengan keterangan dari Arab Saudi yang mengatakan bahwa Khashoggi tewas karena ketidaksengajaan.

(Baca Juga: Menlu RI Tegaskan Posisi Indonesia dalam Kasus Jamal Khashoggi) 

Dia mengatakan, telah membahas masalah ini dengan Raja Salman dan keduanya sepakat untuk membentuk tim gabungan yang akan menyelidiki masalah ini.

“Saya tidak meragukan ketulusan Raja Salman, tetapi penyelidikan penting ini seharusnya dilakukan. Oleh orang yang tidak berpihak dan tidak berhubungan dengan pembunuhan tersebut.”

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini