nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Baruna Jaya VIII Bawa Peneliti Kecelakaan di Perairan Raja Ampat

Chanry Andrew S, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 02:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 01 340 1971739 kapal-baruna-jaya-viii-bawa-peneliti-kecelakaan-di-perairan-raja-ampat-mmqONMhnHJ.jpg KR Baruna Jaya yang kecelakaan di Raja Ampat. Foto/Okezone

SORONG – Kapal cepat yang membawa tujuh peneliti terbalik di perairan Raja Ampat, Waigeo Utara, Rabu (31/10/2018).

Kapal Riset Baruna Jaya VIII dilaporkan mengalami musibah saat melakukan penelitian di daerah BUD Waigeo Utara.

Kepala Badan SAR Sorong, Emmy Freezer menjelaskan, lokasi kejadian terjadi di daerah BUD waigeo Utara. Para peneliti sedang melakukan ekspedisi pemetaan laut dalam di daerah Raja Ampat.

"Info Kapal Riset Baruna Jaya VIII kemarin melaporkan ke kansar Sorong bahwa crew peneliti mengalami kecelakaan di Perairan BUD Waigeo utara dalam rangka ekspedisi pemetaan laut dalam. Jarak LKK sekitar 110 NM dari Sorong dengan POB 7 orang," ungkap Emmy.

Lanjut Emmy, kondisi para tujuh kru yang dalam kondisi selamat dan berhasil diselmatkan oleh tim SAR.

"Kondisi selamat. Namun satu orang mengalami patah tulang tungkai bawah dan satu orang mengalami luka di bagian kaki karena benturan dengan karang saat boat penelitian terbalik. Seluruh korban sudah diselamatkan," jelas Emmy.

Saat kejadian, Kapal Riset Baruna Jaya VIII berada sekitar 7 NM dari lokasi kejadian. Namun tidak dapat merapat dikarenakan ombak dan banyaknya karang.

"Setelah cuaca cukup tenang, boat penyelamat dapat menjangkau korban yang terdampar di pulau BUD dan memberikan pertolongan pertama," ujar Emmy.

Saat ini ke 7 POB sudah onboard di atas Kapal Riset Baruna Jaya VIII LIPI menuju pelabuhan Sorong untuk selanjutnya di rujuk ke Rumkit AL Sorong.

"seluruh crew saat ini sudah Onboard menuju Sorong, jadi korban akan dirujuk ke RS AL Sorong, Estimasi kedatangan sekitar pukul 22.00 LT. Danlantamal, Ka KKP, GM Pelindo berencana me dampingi Ka Basarnas Sorong di pelabuhan," tutupnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini