nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Bianglala Terbalik, Polisi Periksa Pengelola Pasar Malam Perayaan Sekaten

Kuntadi, Jurnalis · Senin 12 November 2018 10:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 12 510 1976519 kasus-bianglala-terbalik-polisi-periksa-pengelola-pasar-malam-perayaan-sekaten-wo0o4tAAZF.jpg Ilustrasi Bianglala (foto: Ist)

YOGYAKARTA - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Yogyakarta memanggil semua pengelola wahana permainan yang ada di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Yogyakarta. Menyusul kasus wahana bianglala yang gagal beroperasi hingga membuat sejumlah penumpang nyaris berjatuhan.

"Hari ini semua pengelola wahana permainan kita panggil," jelas Kompol Sutikno, Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta yang dionfirmasi melalui selulernya, Senin (12/11/2018).

loading...

(Baca Juga: Bianglala di Sekaten Yogyakarta Terbalik, Penumpang Nyaris Berjatuhan) 

Menurutnya, para pengelola dan pemilik permainan ini dimintai keterangan oleh Satuan Intelkam. Ini lebih pada faktor perizinan mereka dalam membuka permainan di dalam PMPS.

 

Penyidik juga ingin meminta standarisasi faktor keamanan dalam setiap permainan ini. Kejadian bianglala macet yang menyebabkan satu gerbong terbalik memiliki potensi kecelakaan yang besar. "Ada tidak standarisasi keamanan ini, kalau ada seperti apa?" jelasnya.

Jika tidak memiliki standarisasi keamanan yang jelas, polisi akan minta agar wahana permainan ini dihentikan. Penyidik masih akan meindaklanjuti kejadian pada Minggu 11 November 2018 malam.

Saat itu arena permainan bianglala ini tengah berputar. Namun ada satu gerbong yang kabinnya macet. Akibatnya, menjadikan putaran bianglala tidak stabil. Tiga penumpang di dalam kabin juga panik dan membuat heboh sejumlah pengunjung.

(Baca Juga: Pengakuan Penumpang yang Naik Bianglala Sebelum Kabin Terbalik) 

Beruntung para pengelola bergerak cepat menangani masalah ini. Seluruh penumpang pun langsung dievakuasi dan diselamatkan, agar tidak sampai jatuh ke tanah. Petugas kepolisian yang datang juga langsung melakukan pemeriksaan.

"Info dari saksi ada satu kabin yang macet dan miring," ujar Kapolsek Gondomanan Kompol I Nengah Lotama.

Salah satu wahana bianglala yang dihentikan sementara akibat kecelakaan yang menimpa pengunjung. (harianjogja)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini