nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermasalah Padahal Masih Baru, Kabin Bianglala Sekaten Langsung Dibongkar

Antara, Jurnalis · Senin 12 November 2018 12:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 12 510 1976598 bermasalah-padahal-masih-baru-kabin-bianglala-sekaten-langsung-dibongkar-Z0QtSeXApp.JPG Insiden Bianglala di Pasar Malam Sekaten (Foto: Harian Jogja)

YOGYAKARTA - Kabin bianglala di Pasar Malam Perayaan Sekaten yang bermasalah pada Minggu malam kini mulai dibongkar setelah panitia penyelenggara menghentikan operasional bianglala atau kincir ria (ferris wheel) tersebut.

"Operasional bianglala yang mengalami kerusakan dan menyebabkan insiden langsung dihentikan. Kabin-kabinnya pun mulai dilepas. Tetapi, penyelidikan tetap dijalankan," kata Ketua Tim Pemanfaatan Lahan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Evi Wahyuni di Yogyakarta, Senin (12/11/2018).

Menurut dia, penghentian operasional kincir ria yang mengalami insiden akan dilakukan hingga penyebab kerusakan wahana permainan tersebut diketahui secara pasti. Ia menyebut, bianglala yang mengalami kerusakan adalah bianglala model baru yaitu tidak seluruh kabin tertutup besi pembatas secara penuh tetapi hanya separuh sehingga saat kabin terbalik penumpang bisa terjatuh.

Meskipun demikian, Evi menyebut, masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) karena panitia penyelenggara akan meminta pengelola wahana untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat yang menaiki wahana.

Seluruh pengelola wahana juga diminta untuk mengecek kembali kondisi wahana yang akan dioperasionalkan guna memastikan bahwa wahana tersebut aman. "Pengecekan juga dilakukan secara rutin," katanya.

Evi menyebut, pengelola dengan bianglala yang mengalami kerusakan sudah rutin mengikuti penyelenggaraan PMPS setiap tahun. Sebelumnya, panitia penyelenggara PMPS juga sudah meminta seluruh pengelola wahana permainan untuk melakukan konsultasi kepada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan ESDM DIY saat akan membangun wahana.

Guna mengantisipasi kejadian yang sama terulang di masa yang akan datang, Evi mengusulkan adanya sertifikasi keamanan dari pihak yang kompeten guna memberikan jaminan keamanan kepada pengunjung.

Insiden kabin bianglala yang terbalik di Pasar Malam Perayaan Sekaten tidak menimbulkan korban jiwa, namun sejumlah penumpang mengalami trauma atau ketakutan.

"Pengelola pun bersikap terbuka dan memastikan bertanggung jawab apabila saat insiden itu ada penumpang yang terluka dengan membawa mereka ke rumah sakit. Tetapi, insiden itu tidak menimbulkan korban jiwa," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini