nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta di Balik Bianglala Terbalik, Model Terkini yang Baru Beroperasi 3 Hari!

Gimas Siskamayanti, Jurnalis · Senin 12 November 2018 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 12 510 1976865 fakta-di-balik-bianglala-terbalik-model-terkini-yang-baru-beroperasi-3-hari-cyGISNHyGQ.jpg Bianglala Terbalik (ist)

JAKARTA – Tadi malam sekira pukul 19.30 WIB, sejumlah penumpang wahana bianglala nyaris berjatuhan akibat gerbong yang terbalik di Arena Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta.

Bianglala yang berjumlah 18 gerbong dengan ketinggian sekitar 20 meter diisi oleh penumpang di beberapa gerbongnya. Tiba-tiba, salah satu gerbong terbalik. Akibatnya, putaran bianglala menjadi tidak stabil. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Facebook Asep Nugroho Led dan ditonton 103.722 kali menjadi viral di kalangan media sosial. Video tersebut, menampilkan detik-detik terjadinya salah satu gerbong yang tiba-tiba terbalik.

 Baca juga:Bianglala di Sekaten Yogyakarta Terbalik, Penumpang Nyaris Berjatuhan

Berikut 4 fakta terkait bianglala di Sekaten Yogyakarta terbalik berhasil dirangkum Okezone, Senin (12/11/2018):

 https://img.okeinfo.net/content/2018/11/12/510/1976547/imbas-insiden-bianglala-seluruh-wahana-permainan-di-pasar-malam-sekaten-dihentikan-dz1ym2Uq34.JPG

1. Beruntung Tidak Ada Korban Luka, Akibat Gerbong Bianglala yang Terbalik

Dari video yang viral di kalangan media sosial, sejumlah penumpang nyaris berjatuhan akibat gerbong yang terbalik. Saat arena permainan bianglala tengah berputar, ada satu gerbong yang kabinnya macet. Akibatnya, putaran bianglala menjadi tidak stabil.

“Kalau setahu saya tadi penumpangnya hanya lima orang di gerbong yang terbalik. Salah satunya ada anak balita sama kedua orangtuanya,” kata Toto salah satu petugas keamanan PMPS di lokasi.

Toto mengatakan, diduga salah satu penumpang ada yang bergoyang di dalam gerbong. Sehingga, gerbong menjadi terbalik. Insiden gerbong bianglala yang terbalik untungnya tidak memakan korban jiwa, namun sejumlah penumpang mengalami trauma.

 Baca juga: Kasus Bianglala Terbalik, Polisi Periksa Pengelola Pasar Malam Perayaan Sekaten

2.Bianglala Baru Beroperasi 3 Hari

Kabin bianglala di Pasar Malam Perayaan Sekaten bermasalah pada Minggu malam yang menghentikan operasional bianglala tersebut. Belum diketahui secara pasti penyebab kerusakan wahana permainan bianglala yang terjadi tadi malam.

Menurut Ketua Tim Pemanfaatan Lahan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Evi Wahyuni mengatakan, penghentian operasional kincir ria yang mengalami insiden akan dilakukan hingga penyebab kerusakan wahana permainan tersebut diketahui secara pasti. Ia menyebut, bianglala yang mengalami kerusakan adalah bianglala model baru yaitu tidak seluruh kabin tertutup besi pembatas secara penuh tetapi hanya separuh sehingga saat kabin terbalik penumpang bisa terjatuh.

Salah satu petugas keamanan PMPS mengatakan, wahana tersebut baru di pakai di sekaten dan sudah beroperasi sejak tiga hari terakhir.

“Tidak ada yang jatuh [sampai ke tanah], tidak ada yang luka, tetapi mungkin sedikit syok saja,” ujarnya.

 Baca juga: Imbas Insiden Bianglala, Seluruh Wahana Permainan di Pasar Malam Sekaten Dihentikan

3.Bianglala Model Baru, Terdapat Banyak Kerusakan

Salah satu pengunjung sekaten Boy Tamala mengaku sebelum kejadian ia sempat menumpang wahana tersebut. Ia merasakan putaran wahana tersebut sudah tidak normal. Selain itu, sehari sebelumnya ia melihat ada beberapa orang yang memperbaiki wahana tersebut.

“Waktu saya naik itu putarannya sudah tidak nyaman agak nggronjal, getar, tetapi tidak ada kejadian (kecelakaan),” ucapnya.

Akibat insiden tersebut, seluruh pengelola wahana diminta melakukan pengecekan kembali kondisi wahana yang akan dioperasionalkan guna menghindari kejadian yang serupa.

Baca juga: Pengakuan Penumpang yang Naik Bianglala Sebelum Kabin Terbalik

4.Akibat Insiden Bianglala Terbalik, Seluruh Wahana Sementara Dihentikan

Pasca kejadian wahana bianglala yang bermasalah tadi malam, pihak Wakil Wali Kota Yogyakarta Haroe Poerwadi langsung meminta kepada panitia untuk segera menghentikan wahana permainan guna menghindari kecelakaan yang terjadi.

Wahana baru benar-benar bisa dibuka kembali, jika tidak ada permasalahan lagi. Pengelola harus bisa memberikan keyakinan jika wahana tersebut aman.

“Kalau tidak ada jaminan aman jangan dioperasionalkan. Itu harus dihentikan dulu,” terang Heroe.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini