Share

Diktator Filipina Ferdinand Marcos Memecahkan Rekor Dunia Palsu Berkat Facebook

Thasyanur Azizah, Okezone · Rabu 21 November 2018 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 21 18 1980524 diktator-filipina-ferdinand-marcos-memecahkan-rekor-dunia-palsu-berkat-facebook-Nzda41Ixii.JPG Foto: Reuters.

MANILA - Mantan Diktator Filipina, Ferdinand Marcos, memegang rekor dunia sebagai "Most Brilliant President in History" atau "Presiden Paling Brilian dalam Sejarah" menurut sebuah posting di Facebook yang telah dibagikan hampir seribu kali, sebelum klaim itu dibantah kantor berita AFP.

Diwartakan RT, Rabu (21/11/2018) sebuah halaman Facebook yang memiliki hampir satu juta pengikut mem-posting gambar yang mengklaim bahwa Marcos, diktator Filipina yang berkuasa antara 1968 hingga 1986, telah mendapatkan sebuah rekor dunia.

BACA JUGA: HISTORIPEDIA: Umumkan Status Darurat Militer, Ferdinand Marcos Kukuhkan Kekuasaan di Filipina

Postingan itu dilihat sekira 2.700 orang dan dibagikan hampir seribu kali dalam waktu kurang dari 24 jam. Isi dari postingan itu berbunyi: “Mereka bahkan tidak dapat menandingi pencapaian Apo (Marcos), itulah mengapa mereka menyerangnya secara terus menerus serta memutarbalikkan kebenaran”.

Namun kantor berita AFP, yang pertama kali memeriksa situs Guinness World Records, tidak ada penghargaan semacam itu yang diberikan kepada sang mantan diktator. Yang ada justru rekor Guiness World Records lainnya yang menyebutkan bahwa Marcos bertanggung jawab atas korupsi besar-besaran di Filipina dan tercatat sebagai “Greatest robbery of a Government”.

Marcos yang memimpin Filipina sejak 1968 sampai digulingkan pada 1986, dan istrinya Imelda dituduh mencuri USD860.8 (Rp12.5 miliar) uang negara.

Postingan hoax yang diunggah pada Senin, 19 November itu tampaknya telah dihapus. Laman pengunggahnya diketahui sebagai laman pendukung Ronald “Bato” Dela Rosa, mantan kepala kepolisian Filipina yang akan mencalonkan diri sebagai anggota parlemen pada 2019.

Dela Rosa dan Presiden Filipina saat ini, Rodrigo Duterte diketahui memiliki kedekatan dengan keluarga Marcos.

BACA JUGA: Berencana Kubur Ferdinand Marcos Sebagai Pahlawan, Duterte Didemo

Postingan itu menerima reaksi beragam dengan beberapa orang yang menganggap pernyataan tersebut tidak benar dan sebagian lain mempercayainya.

"Saya percaya hampir semua hal dalam pemerintahan yang baik dimulai dengan Marcos," tulis satu orang.

Sementara pengguna lain berkomentar dengan menunjukkan ringkasan Guinness World Records yang sebenarnya di mana Marcos dituliskan sebagai pelaku dari pencurian terbesar yang dilakukan pemerintah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini