nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepemimpinan Dahnil Anzar di Pemuda Muhammadiyah Diakui Luar Biasa

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 510 1984209 kepemimpinan-dahnil-anzar-di-pemuda-muhammadiyah-diakui-luar-biasa-wcgKJOIP3T.jpeg Sunanto (Foto: Ist)

YOGYAKARTA - Kepemimpinan Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah segera berakhir. Namun, jasanya terhadap organisasi tersebut tak bisa diabaikan.

Demikian diungkapkan Sunanto, salah satu calon ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah di sela perhelatan Muktamar ke-XVII Pemuda Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (28/11/2018).

"Saya akui sangat luar biasa. Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih ke Bang Dahnil dan saya juga menjadi bagian nama besarnya Muhammadiyah. Dan saya sama Sukron juga menjadi pengurusnya Bang Dahnil," ujarnya.

Dahnil Anzar

Menurut pria yang akrab disapa Cak Nanto, mungkin Muhammadiyah tidak bisa membalas sebesar apa yang sudah dilakukan pemimpin sebelumnya. Namun yang pasti, apa yang mereka torehkan bakal dikenang.

(Baca Juga: JK Buka Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta)

Di usia 86 tahun, jalan yang ditempuh Pemuda Muhammadiyah sudah sangat panjang. Cak Nanto pun menekankan, agar pengganti kepemimpinan Dahnil Anzar harus mampu menguatkan nama besar Pemuda Muhammadiyah.

"Jadi, penggantinya harus mampu menguatkan dan tetap mempertahankan nama besar Pemuda Muhammadiyah," ujarnya.

Mengenai perkara dugaan mark up kegiatan Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia, Cak Nanto mengaku akan bertabayyun. Bila yang menimpa Dahnil adalah bentuk kriminalisasi, pihaknya akan menjadi yang terdepan untuk membelanya.

"Tapi kalau misalnya ada desas-desus bahwa ini kriminalisasi, saya termasuk paling depan yang akan membela kader Muhammadiyah, termasuk Bang Dahnil dan Fanani. Tapi kalau itu adalah fakta, maka kami secara pribadi akan (tetap) mendampingi," pungkasnya.

(Baca Juga: Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Kandidat Ketum Tarik-menarik Dukungan)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini