nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Museum Holocaust AS Umumkan Bukti Meyakinkan Adanya Genosida terhadap Rohingya

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 07:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 18 1986479 museum-holocaust-as-umumkan-bukti-meyakinkan-adanya-genosida-terhadap-rohingya-8xOy3v5boS.jpg Foto udara reruntuhan permukiman etnis Rohingya di Desa Maungdaw, Negara Bagian Rakhine, Myanmar, yang rata dengan tanah karena dibakar. (Foto : Ilustrasi/Reuters)

MUSEUM Holocaust AS mengatakan pihaknya telah menemukan "bukti meyakinkan terjadinya genosida" di Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya, dan mengimbau pemerintah AS serta pemerintah-pemerintah internasional untuk meminta pertanggungjawaban militer Myanmar.

"Demi komunitas Rohingya yang masih berada di Myanmar dan mereka yang terancam dipulangkan, kami berharap pengumuman ini mendorong diambilnya tindakan," kata Lee Feinstein, Ketua Museum’s genocide watchdog Committee on Conscience dalam sebuah pernyataan.

(Reuters)

Pengumuman itu muncul pada hari sama, ketika Kelompok Hukum dan Kebijakan Publik Internasional (PILPG), yang dikontrak Departemen Luar Negeri AS untuk mempelajari krisis itu, merilis laporan yang mengatakan, militer Myanmar melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida, dan berbagai kejahatan perang terhadap warga Rohingya.

(Baca Juga : Pengungsi Rohingya di Bangladesh Tolak Dipulangkan, Repatriasi Tertunda)

(Baca Juga : Daftar Pemulangan Kosong, Pengungsi Rohingya Tolak Repatriasi ke Myanmar)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini