nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 7 Desember: Meninggalnya Kepala VOC hingga Andi Mallarangeng Mundur dari Menpora

Putri Rahmadanti, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 05:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 07 337 1987925 peristiwa-7-desember-meninggalnya-kepala-voc-hingga-andi-mallarangeng-mundur-dari-menpora-kGgdWkpeHJ.jpg Ilustrasi VOC. (Foto: Wikipedia.org)

TANGGAL 7 Desember yang merupakan hari ke-341 (ke-432 pada tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dan 24 hari lagi menjelang akhir tahun ternyata memiliki berbagai peristiwa. Seperti meninggalnya Kepala VOC Gerard Reynst di Jakarta pada 1615 ketika perjalanan dari Banten menuju Jayakarta (saat ini Jakarta).

Kemudian juga mengingatkan kasus Hambalang yang menyebabkan pengunduran diri Andi Alfian Mallarangeng dari jabatan menteri pemuda dan olahraga (menpora).

Berikut Okezone paparkan beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 7 Desember, seperti dikutip dari Wikipedia.org, Jumat (7/12/2018).

1. Kepala VOC Gerard Reynst meninggal dunia di Jakarta – 1615

Gerard Reynst adalah putra dari Pieter Rijnst, seorang pembuat sabun, dan ibunya bernama Trijn Sijverts. Pedagang asal Belanda ini juga merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda kedua yang memerintah pada 1614–1615. Gerard Reynst orang pertama yang mengusulkan perbudakan di tanah Hindia Belanda pada 1615. Pada tahun yang sama, ia membuat persetujuan dagang dengan Pangeran Indragiri, Riau.

Ketika perjalanannya meninggalkan Banten menuju Jayakarta, ia terkena serangan disentri dan meninggal dunia pada 7 Desember 1615 di dalam Factorij Nassau, Jayakarta. Gerard Reynst dimakamkan di Portugese Buitenkerk – Gereja Portugis di luar benteng.

Kepala VOC Gerard Reynst. (Foto: Wikipedia.org)

2. Wahana Luar Angkas (Galileo) Tiba di Jupiter – 1995

Galileo merupakan pesawat pertama yang melintasi asteroid. Galileo juga sebuah wahana antariksa tak berawak yang dikirim NASA untuk mempelajari Jupiter dan bulan-bulannya. Pesawat ulang-alik Atlantis dengan misi STS-34 ini diluncurkan pada 18 Agustus 1989.

Nama Galileo diambil dari astronom dan perintis Renaisains, Galileo Galilei, yang berhasil mendarat di Jupiter pada 7 Desember 1995. Setelah enam tahun dari peluncurannya dengan bantuan lintasan gravitasi Venus dan Bumi.

Pesawat luar angkasa pertama yang mengorbit Jupiter ini juga meluncurkan wahana penjajak (probe) pertama ke dalam atmosfer Jupiter.

3. Hari Penerbangan Sipil Internasional – 1996

International Civil Aviation Organization telah merayakan Hari Penerbangan Sipil Internasional sejak 7 Desember 1994. Namun, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa baru mengumumkan penetapan Hari Penerbangan Sipil Internasional pada 7 Desember 1996.

Setelah penerapan resolusi ini, delegasi dari Britania Raya menyatakan pandangannya bahwa keputusan mengadakan Hari Penerbangan Sipil Internasional tidak masuk garis panduan.

4. Sondang Hutagalung Bakar Diri di Depan Istana Kepresidenan – 2011

Mahasiswa Universitas Bung Karno, Sondang Hutagalung, meninggal pada 10 Desember 2011. Anak bungsu dari empat bersaudara keluarga Victor Hutagalung dan Dame Sipahuntar ini meninggal setelah membakar diri di depan Istana Kepresidenan pada 7 Desember 2011.

Di mata teman-temannya, Sondang adalah aktivis yang sering terlibat dalam upaya advokasi dalam kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia.

Andi Alfian Mallarangeng. (Foto: Okezone)

5. Andi Mallarangeng Mengundurkan Diri dari Menpora, Terkait Kasus Hambalang – 2012

Andi Alfian Mallarangeng, politikus kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Maret 1963, pernah menjabat di pemerintahan sebagai juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia kemudian menjabat menteri pemuda dan olahraga di Kabinet Indonesia Bersatu II. Lalu mengundurkan diri dari jabatannya pada 7 Desember 2012. Pengunduran diri itu dikarenakan keterlibatan dalam kasus proyek pusat olahraga Hambalang Bogor, Jawa Barat.

Pada 17 Oktober, Andi resmi ditahan di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), selama hampir setahun berstatus tersangka.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini