nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 4,2 SR Guncang Bengkulu Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Demon Fajri, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 22:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 340 1988372 gempa-4-2-sr-guncang-bengkulu-utara-tidak-berpotensi-tsunami-GsbhdN1C56.jpg Ilustrasi guncangan gempa. (Foto: Shutterstock)

BENGKULU – Gempa tektonik berkekuatan 4,2 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, sekira pukul 21.04 WIB, Jumat 7 Desember 2018. BMKG menerangkan bahwa gempa tersebut berada di titik koordinat 3,61 lintang selatan dan 101,59 bujur timur, tepatnya di laut dengan jarak 57 kilometer arah barat daya Kabupaten Bengkulu Utara pada kedalaman 26 km.

Saat gempa terjadi dirasakan sebagian masyarakat setempat. Meski demikian, tidak ada laporan kerusakan bangunan di Bengkulu Utara dan sekitarnya.

Selain itu, gempa ini juga dirasakan sebagian masyarakat Kota Bengkulu. Hal itu dilihat dari peta tingkat guncangan BMKG yang menunjukkan bahwa dampak gempa bumi dirasakan di Kota Bengkulu dengan I-II MM.

Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu Litman mengatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, guncangan ini termasuk klasifikasi gempa dangkal. Penyebabnya, aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

''Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera,'' jelas Litman, Jumat (7/12/2018) malam.

Ia menambahkan, hingga pukul 21.34 WIB, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Bengkulu Utara pun diimbau tetap tenang karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, serta tak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

''Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Gempa tidak berpotensi tsunami,'' demikian penjelasan Litman.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini