nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Lantik Gubernur Riau dan Bengkulu di Istana Negara

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 14:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1989212 jokowi-lantik-gubernur-riau-dan-bengkulu-di-istana-negara-PYciTcigOC.jpg Presiden Jokowi melantik Wan Thamrin Hasyim (kanan baju putih) sebagai Gubernur Riau dan Rohidin Mersya sebagai Gubernur Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12/2018). (Foto : Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Gubernur Riau dan Rohidin Mersya sebagai Gubernur Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 214/P dan Keppres Nomor 215/O tentang Pengesahan Penetapan Gubernur Riau dan Gubernur Bengkulu.

Sebelum dilantik, Wan Thamrin dan Rohidin terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi. Kirab itu juga diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Para kepala daerah itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kedua gubernur tersebut di atas Alquran yang dipegang rohaniwan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti kedua gubernur tersebut.

Presiden Jokowi melantik Wan Thamrin Hasyim (kanan baju putih) sebagai Gubernur Riau dan Rohidin Mersya sebagai Gubernur Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12/2018). (Fakhrizal Fakhri)

Seperti diwartawakan sebelumnya, Wan Thamrin Hasyim menjabat Gubernur Riau menggantikan Arsyadjuli Andi Rachman yang memilih mundur dari jabatannya setelah kalah di Pilgub Riau dan memutuskan maju menjadi caleg di Pileg 2019.

(Baca Juga : Jokowi Lantik Gubernur Bengkulu dan Riau Siang Ini)

Sementara Rohidin Mersyah sebelumnya merupakan Plt Gubernur Bengkulu. Dia menggantikan Ridwan Mukti yang divonis delapan tahun penjara dan denda Rp400 juta subsider dua bulan penjara atas kasus fee proyek di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam pelantikan ini tampak hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

(Baca Juga : Jokowi: Kita Butuh Kritik Berbasis Data Bukan Kebohongan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini