nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

205 Kg Ganja dan Sabu Dimusnahkan di Medan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 12 608 1990446 205-kg-ganja-dan-sabu-dimusnahkan-di-medan-XCZjZZHCB5.jpg Pemusnahan narkoba di Polrestabes Medan (Foto: Wahyudi Aulia Siregar)

MEDAN - Penyidik Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polrestabes Medan memusnahkan 205 kilogram narkoba jenis sabu-sabu dan ganja. Pemusnahan dilakukan di lapangan Mapolrestabes Medan, Rabu (12/12/2018).

Barang haram itu dimusnahkan dengan cara merebus 5 kilogram sabu dengan air mendidih serta membakar 200 kilogram ganja di dalam sejumlah tong terbuka. Pemusnahan disaksikan Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Raphael Shandy, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Medan, para aktivitas antinarkoba, tokoh agama Kota Medan dan juga para tersangka pemilik narkoba tersebut.

(Baca Juga: Sambut Natal & Tahun Baru, BNN Bakal Sweeping Tempat Hiburan Malam)

Pemusnahan narkoba

Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Raphael Shandy menyebutkan, narkoba yang mereka musnahkan itu merupakan hasil penindakan mereka dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Bersama barang haram itu, diamankan pula 9 orang tersangka.

"Para tersangka kita tangkap dari wilayah Medan, Deliserdang dan sekitarnya," kata Raphael.

Raphael memaparkan, sembilan tersangka yang diamankan yakni FS, RD, LC, RS, SU, AF, MUP dan seorang perempuan berinisial NUR. Satu tersangka lagi tidak diungkapkan identitasnya. Para tersangka ada yang berperan sebagai kurir, namun ada pula yang sebagai bandar.

"Para tersangka akan kita jerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Pasal 112 Ayat (2) dan Pasal 132 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya minimal 15 tahun," tuturnya.

(Baca Juga: BNNP Jambi Blender Sabu Seberat 2 Kg)

Pemusnahan narkoba

Menurut Raphael, hasil tangkapan yang mereka musnahkan hari ini menjadi bukti masih rawannya Kota Medan dari peredaran narkoba. "Untuk itu, ke depannya kita akan melibatkan tokoh agama untuk memerangi narkoba ini," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini