nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Danau Toba Meluap, 3 Rumah Rusak Parah

Robert Fernando H Siregar, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 608 1990662 danau-toba-meluap-3-rumah-rusak-parah-Vwk0WgK7Xs.jpg Foto Istimewa

TOBA SAMOSIR - Tiga unit rumah rusak di pinggir Danau Toba di Desa Horsik, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, akibat meluapnya Danau Toba.

Camat Ajibata, Tigor Sirait menerangkan, Kamis dini hari 13 Desember 2018, Pukul 02.20 WIB, tiga unit rumah yang berada di pinggir Danau Toba, rusak akibat air Danau Toba naik secara tiba-tiba.

"Pukul 02.20 WIB, tiba-tiba air Danau Toba mengalami kenaikan yang tidak wajar hingga 5 meter, bagai gelombang tsunami. Masyarakat sekitar keluar rumah sembari berteriak dan menyelamat diri ke tempat yang lebih tinggi," terang Tigor Sirait kepada Okezone, Kamis (13/12/2018).

Tigor Sirait menjelaskan, setelah masyarakat keluar rumah dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, sekira Pukul 02.30 WIB, tiga unit rumah roboh dan terbawa arus danau. Kuatnya gelombang air, tembok penahan air pecah dan sampan yang berada di pinggir Danau Toba terhempas keatas gunung hingga diketinggian 10 meter.

danau

Pemilik rumah roboh, sebut Tigor Sirait, Manotar Sidabalok (58), Delima Sidabalok (65) dan Mulaoskar Situmorang (70). Tidak ada korban jiwa, namun Delima Sidabalok mengalami luka ringan di bagian kepala dan pundak, akibat tertimpa material rumah serta dievakuasi ke Puskesmas Ajibata.

"Kita segera melakukan penanganan dini terhadap korban bencana serta bantuan tenda dari BNPB Kabupaten Toba Samosir. Kita bersama TNI/Polri beserta masyarakat setempat, membantu membersihkan runtuhan rumah," pungkas Tigor Sirait.

danau

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini