nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan Bom Guncang Gedung Stasiun Televisi Yunani

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 17 18 1992459 ledakan-bom-guncang-gedung-stasiun-televisi-yunani-wotE8bbbaA.jpg

ATHENA – Sebuah ledakan dahsyat memecahkan jendela dan menghancurkan kantor-kantor di stasiun televisi SKAI TV di Athena pada Senin, 17 Desember. Tidak ada korban yang terluka dalam insiden yang oleh pihak berwenang disebut sebagai “serangan terhadap demokrasi”.

SKAI adalah salah satu stasiun televisi terbesar di Yunani dan merupakan bagian dari grup media yang meliputi stasiun radio dan berafiliasi dengan surat kabar terkemuka, Kathimerini.

Polisi mengatakan sebuah alat peledak darurat meledak di dekat gedung SKAI pada pukul 2:35 pagi setelah ada telefon peringatan ke dua media. Di laman resminya, SKAI mengatakan bahwa jendela-jendela gedung dari lantai pertama hingga keenam hancur akibat ledakan.

"Kerusakan material sangat besar di hampir semua lantai, dengan yang terbesar terlihat di lantai ketiga dan keempat, di mana kantor karyawan berada," demikian keterangan SKAI yang dilansir Reuters, Senin (17/12/2018).

“Gambarnya menyedihkan. Langit-langit yang ditangguhkan roboh ke lantai, jendela kaca pecah berkeping-keping. ”

Sampai berita ini diturunkan belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab.

Serangan skala kecil terhadap perusahaan, kantor pemerintah, kepolisian dan politisi adalah hal yang umum terjadi di Yunani. Negeri Para Dewa memang memiliki sejarah yang panjang terkait kekerasan politik.

Berbicara kepada SKAI dari lokasi kejadian, Menteri Perlindungan Warga Yunani, Olga Gerovassili mengatakan serangan itu menargetkan demokrasi.

"Demokrasi, bagaimanapun, terlindungi dan tentu saja tidak terancam," katanya.

Koresponden polisi mengatakan, bom yang meledak diperkirakan mengandung lima kilogram bahan peledak dan diletakkan di lorong sempit di dekat gedung.

Rekaman video yang disiarkan di media lokal menunjukkan asap yang muncul dari gedung setelah ledakan keras. Rekaman dari dalam gedung menunjukkan jendela-jendela hancur karena ledakan, dengan kaca-kaca berserakan di meja-meja kantor.

(dka.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini