nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Catatan Rekor Baru Bertema Natal

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Selasa 25 Desember 2018 09:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 25 18 1995666 9-catatan-rekor-baru-bertema-natal-DvOrdkvbhN.jpg Ilustrasi.

NATAL 2018 telah tiba, semangatnya tersebar di berbagai belahan dunia memunculkan beberapa catatan rekor dunia baru bertemakan Natal.

Dikutip dari website resmi Guinness World Record, berikut daftar beberapa catatan terbaik terkait Natal selama 12 bulan terakhir yang melibatkan pohon, makanan, dan alat musik.

1. Lampu terbanyak di pohon Natal buatan

Taman bermain Universal Studio Jepang di Osaka selalu tampil memukau setiap tahunnya. Di 2018 ini mereka kembali menaikkan rekor jumlah lampu terbanyak dalam sebuah pohon natal untuk kesembilan kalinya dalam delapan tahun.

Pada Oktober lalu, mereka kembali mencatatkan rekor baru dengan jumlah 580.806 lampu, 10.000 lebih banyak dari total tahun lalu.

Rekor ini telah dimulai sejak 2011 dengan jumlah total 260.498 lampu.

2. Daftar keinginan untuk Santa terpanjang

Semangat Natal juga tersebar dan hidup di Beijing.

Pada 28 Desember 2017 Beijing Hyundai dan Biro Pariwisata Mohe, China berhasil mengumpulkan daftar permintaan Natal sebanyak 124.969 permintaan. Daftar tersebut dicetak pada sebuah gulungan dan ditampilkan di Desa Santa di Mohe, Heilongjiang, China.

3. Waktu tercepat mengenakan kostum Santa

André Ortolf dari Jerman, yang telah memiliki catatan rekor atas namanya, kembali menambahkan satu catatan baru pada 2018.

Pada 5 September lalu, ia berhasil mengenakan kosum Santa hanya dalam waktu 30,94 detik. Rekor tersebut nantinya akan tercatat pada buku rekor dunia edisi 2019.

4. Waktu tercepat menyusun yule log cake

Melalui sebuah program TV Inggris, “Saturday Morning with James Martin”, tercatat sebuah rekor waktu tercepat dalam menyusun yule log cake pada 8 Desember lalu.

Yule log cake atau kue batang pohon merupakan makanan penutup tradisional Inggris yang biasanya disajikan mendekati hari Natal.

Rekor tersebut dipecahkan oleh Galton Blackiston dengan catatan waktu 1 menit 17 detik.

5. Ansambel tuba terbesar


Ansambel atau penyajian musik terbesar dengan tuba memang tidak terdengar berhubungan dengan Natal. Namun ternyata pemecahan rekor ini dilakukan dengan memainkan sejumlah lagu-lagu Natal dan nyanyian pujian.

Rekor dunia ini tercatat atas nama Kansas City Symphony asal Amerika Serikat (AS) pada 7 Desember dengan total 835 peserta. Ansembel ini dipimpin oleh Prof. Scott Watson.

Mereka memecahkan rekor dengan membawakan lagu Silent Night selama 6 menit 34 detik dengan menampilkan 13 lagu Natal dan nyanyian pujian Natal. Usia para peserta berkisar antara 11 hingga 86 tahun.

6. Secangkir cokelat panas terbesar

Minuman panas khususnya coklat memang indentik dengan musim dingin.

Secangkir cokelat panas besar dibuat untuk merayakan Three Kings' Day yang merupakan hari raya keagamaan dalam sejumlah gereja Kristen. Hari itu menandai kedatangan Tiga Orang Bijaksana di palungan Yesus.

Pada 6 Januari 2018, warga kota Uruapan, Meksiko mencetak rekor baru membuat secangkir besar berisi 4.816,6 liter coklat panas.

Minuman itu sendiri mengandung lebih dari 600 kilogram kakao semi-manis yang berasal dari perkebunan lokal.

7. Pemanggang kastanye terbesar

Memanggang kastanye merupakan salah satu kegiatan menjelang Natal di beberapa wilayah.

Pada 28 Oktober lalu, warga Roccamonfina dan Asosiasi Verde Collina, Italia berhasil membuat panggangan chestnut terbesar di Negeri Piza.

Panggangan dengan ukuran 10,48 meter, diameter 6,23 meter dan berat 650 kg itu mampu memanggang lebih dari 1.100 kilogram kastanye sekaligus.

8. Waktu tercepat untuk makan semua cokelat dari kalender Advent

Kalender Advent merupakan kalender khusus yang dipergunakan dalam perayaan masa advent atau penantian kelahiran Yesus pada jaman dahulu. Kalender ini biasanya memiliki 24 lubang dengan coklat didalamnya yang dijadikan penghitung hari menjelang hari natal bagi anak-anak.

Video: YouTube/Guiness World Records

Pada 4 Desember 2017, seorang pria bernama Kevin Strahle dari AS membuat rekor waktu tercepat untuk memakan semua coklat dari kalender Advent dengan catatan 1 menit 27,84 detik.

Ia tidak hanya harus memakan habis 24 coklat yang ada, tetapi juga membuka dan mengeluarkan coklat tersebut dari dalam kalender Advent.

Pria yang dikenal juga sebagai L.A Beast memang menjadikan tantangan makanan sebagai keahliannya.

9. Maraton tercepat memakai lederhosen

Lederhosen yang merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh pria Bavaria, negara bagian di sebelah selatan Jerman, memang tidak berhubungan dengan Natal. Namun pencatatan rekor itu dilakukan pada Nottingham Christmas Marathon, atau Lomba Maraton Natal di Inggris.

David Smith pecahkan rekor maraton mengenakan lederhosen.

Rekor itu dilakukan oleh pelari Inggris, David Smith pada 3 Desember 2017.

David mencatat rekornya dengan waktu 3 jam 33 menit dan selesai dengan urutan ke-55 di maraton secara keseluruhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini