nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Terapkan Pemborgolan, Jempol Terdakwa Suap Meikarta Billy Sindoro Diborgol

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 02 525 1998885 kpk-terapkan-pemborgolan-jempol-terdakwa-suap-meikarta-billy-sindoro-diborgol-iOVCXxAAVb.jpg Terdakwa suap proyek Meikarta Billy Sindoro. Foto: Okezone/CDB Yudistira

BANDUNG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menerapkan pemborgolan bagi para tahanan kasus korupsi yang sedang menjalani proses pemeriksaan di lembaga antirasuah maupun menjalani persidangan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Pada faktanya, salah satu terdakwa kasus suap Meikarta, Billy Sindoro, yang menjalani sidang di Pengadilan Negeri Bandung, nampak tidak menggunakan borgol, Rabu (2/1/2018) pagi.

loading...

Di ruang sidang, Billy terlihat mengenakan batik berwarna coklat. Tidak ada borgol yang mengikat tangannya selama persidangan berjalan.

Seusai sidang, Billy pun hanya nampak dikawal oleh petugas yang menggiringnnya ke mobil tahanan. Namun begitu masuk ke mobil tahanan, Billy baru diborgol oleh petugas.

Foto/Okezone

Terlihat kedua ibu jari Billy diborgol berukuran kecil. "Kita mengikuti aturan saja," ujar salah seorang pengawal tahanan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pemborgolan terhadap para tahanan kasus korupsi mulai diterapkan di awal kerja KPK per hari ini. ‎Dijelaskan Febri, pemborgolan itu sesuai dengan keputusan pimpinan KPK.

"Sebagaimana telah diputuskan pimpinan, KPK meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan KPK. Aturan tentang pemborgolan untuk tahanan yang keluar dari rutan mulai diterapkan," kata Febri.

Baca: KPK Periksa Aher Terkait Proyek Meikarta

Baca: Total Uang Suap Perizinan Meikarta Dalam Dakwaan Jaksa KPK Mencapai Rp16 Miliar Lebih

Berdasarkan informasi dari pihak pengawal tahanan, kata Febri, pelaksanaan pemborgolan para tahanan yang keluar dari Rutan KPK mulai dilakukan di Bandung di Jakarta. Pemborgolan dilakukan baik untuk tahanan ketika persiapan persidangan maupun saat proses pemeriksaan.

"Pelaksanaan ini mulai dilakukan di Bandung dan Jakarta hari ini. Baik untuk tahanan untuk persiapan persidangan dan dari rutan ke gedung KPK untuk dilakukan pemeriksaan," terangnya.

Febri mengungkapkan, pemberlakuan pemborgolan para tahanan KPK sudah mulai terpantau untuk para terdakwa yang sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung.

Diketahui, ada perkara yang sedang disid‎angkan di Pengadilan Tipikor Bandung, pada hari ini. Dua perkara itu. yakni terkait kasus suap pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta dan kasus suap jual-beli fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini