Share

Diberi Kisi-Kisi, Fadli Zon: Debat Capres Jadi Gak Ada Gregetnya

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 07 Januari 2019 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 07 605 2001071 diberi-kisi-kisi-fadli-zon-debat-capres-jadi-gak-ada-gregetnya-ZorzIs19e2.jpg Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kisi-kisi debat terhadap tim pasangan calon presiden dan wakil presiden hal yang aneh. Bahkan, KPU dianggap membuat debat menjadi kurang greget.

"Cukup aneh menurut saya, kenapa harus pertanyaan-pertanyaan itu dibocorkan atau diberikan. Itu kan enggak asyik lagi, enggak ada gregetnya, enggak ada efek kejutnya," kata Fadli di Gedung Parlemen, Senayan, Senin (7/1/2018).

(Baca Juga: "Sentil" Timses Capres, KPU: Jangan dalam Rapat Senyam-senyum, di Luar Teriak

Padahal, lanjut politikus Gerindra itu, masyarakat ingin mengetahui sejauh mana pemikiran kedua kandidat dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan nantinya. Di seluruh dunia, juga tidak ada yang memberikan kisi-kisi kepada capres-cawapres.

"Di seluruh dunia juga begitu. Jadi, nanti kalau sekarang dikasih bocoran soalnya, ya nanti tinggal ngapalin. Ini ya enggak asyik lagi lah," ungkapnya.

 Paslon Capres-Cawapres

Kecuali, yang diberikan adalah tema debat. Sebab, dengan adanya kisi-kisi juga memberikan kesan bahwa debat yang nantinya dilakukan hanya sebagai formalitas.

"Kalau misalnya tema debat oke lah. Tetapi kemudian angle-nya seperti apa, ya jadi kurang, jadi debatnya formalitas itu yang kita sayangkan," terangnya.

(Baca Juga: Buat 'Kebohongan Award', Grace Natalie dan 3 Kader PSI Dilaporkan ke Polisi

Di samping itu, Fadli juga menyesalkan pembatalan pemaparan visi misi oleh masing-masing kandidat. Ia mengaku heran dengan kebijakan KPU yang terkesan dibuat-buat.

"Harusnya difasilitasi visi misi ini, dan itu harus datang dari kandidat. Karena yang akan memimpin kandidat bukan timses, bukan stuntman. Jadi, kandidat yang harus menyampaikan visi misinya," tukasnya.

Pada Pilpres 2019, ada dua pasangan capres-cawapres yang terdiri dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pasangan nomor urut 01, dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pasangan nomor urut 02. Debat sendiri akan dilakukan selama 5 kali.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini