nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belasan Perwakilan Asing di Australia Dapat Kiriman Paket Mencurigakan

Thasyanur Azizah, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 09 18 2002085 belasan-perwakilan-asing-di-australia-dapat-kiriman-paket-mencurigakan-hnTRCxYjGb.jpg Petugas pemadam kebakaran di depan Konsulat Yunani di Melbourne, yang diyakini menerima kiriman paket mencurigakan. (Foto: ABC News)

CANBERRA – Pihak berwenang di Australia sedang menyelidiki temuan paket mencurigakan yang dikirim ke beberapa kantor konsulat dan kedutaan besar asing di Melbourne dan Canberra pada Rabu, 9 Januari.

Rekaman video menunjukkan petugas layanan darurat mendatangi konsulat Amerika Serikat (AS), Yunani, Prancis, Italia, India, Selandia Baru, Pakistan, Spanyol, Korea Selatan, dan Swiss di Melbourne. Mereka juga merespons laporan insiden di sebuah gedung di Melbourne Selatan di mana Konsulat Jenderal Turki berlokasi.

loading...

Polisi Federal Australia (AFP) mengatakan pihaknya mengetahui paket mencurigakan dikirim ke kedutaan dan konsulat di Melbourne dan Canberra.

"Paket-paket tersebut sedang diperiksa dengan menghadiri petugas layanan darurat," kata seorang juru bicara dari AFP.

"Keadaan seputar insiden ini juga sedang diselidiki," tambahnya dalam sebuah pernyataan singkat.

Dalam sebuah pernyataan, Kepolisian Victoria mengatakan mereka telah mengetahui kabar mengenai sejumlah kantor konsulat yang menerima paket mencurigakan.

"Saat ini kami percaya insiden ini telah ditargetkan dan tidak berdampak pada masyarakat umum," demikian disampaikan dalam pernyataan itu.

"Polisi Victoria akan bekerja untuk membantu AFP dan agen-agen lainnya termasuk Brigade Pemadam Kebakaran Metropolitan dengan manajemen dan penyelidikan masalah ini."

Insiden itu terjadi hanya dua hari setelah kantor konsulat Argentina di Sydney menerima tiga tas berisi asbes dan kaca serat.

Seorang pejabat dari konsulat Pakistan di Melbourne mengatakan bahwa ia membuka amplop mencurigakan pada pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Dia mengatakan bahwa dia "takut dengan apa yang mungkin terjadi". Setelahnya, dia diberitahu oleh pihak berwenang untuk segera mencuci tangannya.

Seorang pejabat Selandia Baru juga melaporkan bahwa konsulat mereka menerima amplop yang sama. Dia mengatakan bahwa di dalam amplop itu terdapat kantong plastik kecil dengan apa yang tampak seperti beton dan asbes.Di bagian luar kantong tertulis kata "asbes".

Laporan media setempat juga mengatakan, seorang petugas polisi terlihat masuk ke dalam konsulat Selandia Baru dengan mengenakan masker.

Seorang juru bicara konsulat AS di Melbourne juga mengonfirmasi telah menerima paket yang mencurigakan. Namun kedutaan besar AS di Canberra tidak mendapatkan paket apapun, kata seorang juru bicara.

"Kami menangani paket itu sesuai dengan prosedur standar kami dan dalam koordinasi ketat dengan pihak berwenang setempat - Brigade Pemadam Kebakaran Melbourne dan Polisi Federal Australia - yang sedang menyelidiki insiden itu," katanya.

Konsul Kehormatan Swiss di Melbourne, Manuela Erb mengatakan bahwa mereka juga telah menerima paket mencurigakan.

"Itu diyakini tidak berbahaya, namun mereka tetap mencurigai benda itu," katanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini