nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbang 12 Menit, Batik Air Tiba-Tiba Putar Balik di Bandara Hasanuddin

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 09 609 2002065 terbang-12-menit-batik-air-tiba-tiba-putar-balik-di-bandara-hasanuddin-0KekWYmwfB.jpg Batik Air (Foto: Okezone)

MAKASSAR - Pesawat Batik Air kembali mendarat setelah terbang sekira 12 menit di Bandara Hasanuddin Makassar. Pesawat terpaksa Return To Base (RTB) atau balik ke landasan pacu Rabu (9/1/2019). Pesawat mendarat kembali pukul 10.17 Wita setelah terbang pada pukul 10.05 Wita.

Deputy GM Perencanaan dan Evaluasi Operasi AirNav Cabang MATC Davidson Aritonang mengatakan, pesawatnya sendiri sudah menuju ke Jakarta, tetapi dengan mengganti pesawat dengan tipe yang sama dengan registrasi yang berbeda.

"Pesawat sudah diganti dengan Air Bus 320, Batik Air dan berangkat sekitar pukul 11.50 Wita tadi," kata Davidson kepada Okezone saat ditemui di Bandara Hasanuddin Makassar Rabu (9/1/2019)

(Baca Juga: Ban Batik Air Tertancap Paku, Penumpang Marah-Marah di Bandara Rendani Manokwari

Penumpang Batik Air

Sebelumnya, kata Davidson, pesawat Batik Air memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan, dikarenakan ada masalah teknis terkait dengan indikator kargo door-nya.

"Sehingga dia (pilot pesawat) memutuskan kembali dan mendarat tadi pada pukul 10.17 menit Wita," ungkap Davidson.

Atas permintaan pilot kepada petugas MTC untuk kembali ke bandara dengan alasan yang mungkin berdampak pada keselamatan penerbangan.

"Dari keterangan yang kami dapat penerbangan berangkat pada pukul 10.01 Wita dan memutuskan untuk kembali dan mendarat kembali 10.15 Wita," lanjut Davidson.

(Baca Juga: Penumpang Bercanda Bawa Bom, Penerbangan Batik Air dari El Tari Kupang-Soetta Tertunda

Penumpang Batik Air

Menurut Davidson, bukan kesalahan teknis pada mesin. Tapi kargo door (pintu kargo) pada pesawat yang bermasalah.

"Kita mesti memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa setiap kejadian yang terjadi dalam pengoperasian suatu pesawat terbang memang lumrah terjadi," ungkapnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini